Persiapan Nataru, Jalan Ikan Tombro Kota Malang Bakal Jadi Dua Jalur

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

7 Desember 2023 06:48 7 Des 2023 06:48

Thumbnail Persiapan Nataru, Jalan Ikan Tombro Kota Malang Bakal Jadi Dua Jalur Watermark Ketik
Proses perbaikan jalan di Jalan Ikan Tombro. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kota Malang menjadi salah satu jujugan untuk menikmati momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Guna mempersiapkan Nataru, Pemerintah Kota Malang telah melakukan segala perbaik sarana, seperti pengaspalan beberapa ruas jalan. Tak hanya itu, melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Jalan Ikan Tombro telah didesain menjadi dua jalur.

Perlu diketahui bahwa Jalan Ikan Tombro sering dijadikan jalur alternatif menuju pusat kota, maupun kawasan Tunjungsekar, Polowijen, dan juga Kota Surabaya. Setiap harinya kawasan tersebut selalu dipadati oleh kendaraan baik roda dua maupun kendaraan roda empat.

"Di Jalan Ikan Tombro nanti menjadi dua jalur. Sekarang di sana menjadi daerah padat penduduk dan kebetulan sebelahnya ada lahan Pemkot Malang juga, makanya kita lakukan pembuatan jalan kembar di situ sampai di kawasan pemakaman," ujar Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto, Kamis (7/11/2023).

Tak hanya penambahan jalur, DPUPRPKP Kota Malang juga menambahkan area taman kota yang memisahkan kedua jalur. Dandung menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terkait penambahan kawasan hijau tersebut.

"Tengahnya bisa digunakan untuk taman, dan kita akan kordinasi dengan DLH Kota Malang untuk dibuat taman. Paling tidak bisa memberikan space bagi masyarakat yang ada di sana," lanjut Dandung.

Persiapan menyambut Nataru juga dilakukan dengan pengaspalan di beberapa ruas jalan di Kota Malang. Pengaspalan tersebut disertai dengan perbaikan drainase sehingga dapat dilakukan pelebaran jalan.

"Seperti di Jalan Ki Ageng Gribig, terakhir pengerjaan tanggal 12 Desember 2023, sekarang kita kebut di drainase dulu. Itu pelebaran jalan juga sehingga nanti drainase kita lakukan pengerasan dulu, kita aspal, nanti ada pelebaran pada jalan," jelasnya.

Pengaspalan dilakukan di titik-titik strategis, terutama pada ruas jalan yang berlubang. Proses pengaspalan direncanakan selesai dalam dua sesi yakni pada 12 dan 22 Desember 2023.

"Masih ada sisa empat jalan untuk pengaspalan. Kalau dari dana APBD selesai pada 12 Desember 2023 di Jalan Ki Ageng Gribig dan Jalan Ikan Tombro. Tapi untuk Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) selesai di 22 Desember 2023 di Puncak Borobudur, Borobudur Agung, Simpang Sulfat dan Terminal," tambahnya.

Tombol Google News

Tags:

Jalan Ikan Tombro perbaikan jalan Persiapan Nataru Kota Malang DPUPRPKP Kota Malang