Permudah Transaksi Digital, Pemkot Batu Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

17 Juli 2024 12:13 17 Jul 2024 12:13

Thumbnail Permudah Transaksi Digital, Pemkot Batu Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu menyampaikan sambutan peluncuran KKPD di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu, Rabu (17/7/2024). (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu secara resmi meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu, Rabu (17/7/2024).

Salah satu fungsi KKPD adalah untuk memudahkan transaksi digital. Sehingga meminimalisasi penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan negara serta meningkatkan keamanan dalam bertransaksi.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai berharap KKPD menjadi komitmen bersama untuk memberikan pelayanan sektor keuangan agar lebih mudah dan cepat, serta transparan dan akuntabel. Sehingga berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Selain menjalankan amanat peraturan pemerintah, KKPD juga sebagai komitmen kita untuk merespons kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan keuangan daerah," jelasnya.

Uji coba penggunaan KKPD dilaksanakan untuk 10 OPD yaitu Inspektorat, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Badan Pendapatan Daerah, Sekretaris DPRD.

Kemudian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Pendidikan, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan dan Bagian Umum Sekretariat Daerah.

"Ke depan, kami harap tidak hanya 10 OPD yang menggunakan transaksi keuangan menggunakan KKPD, tetapi semua OPD dapat melakukannya," jelas Aries.

Menurut Aries, era digital membawa perubahan besar pada metode transaksi pembayaran yang berlaku di Indonesia. Saat ini, metode pembayaran yang ada berubah menjadi digital dan mulai menggeser keberadaan metode pembayaran konvensional.

Kartu Kredit Pemerintah (KKP) bertujuan meningkatkan efesiensi pelaksanaan APBN/APBD. 

"Oleh karena itu, berbagai tantangan dan hambatan yang dialami, hendaknya menjadi masukan sehingga ke depan layanan keuangan akan lebih baik cepat," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Kartu Kredit pemerintah daerah Keuangan Digital Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai