Permudah Akses Masyarakat, Pemdes Sambiki Halmahera Selatan Bangun Jalan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

21 Desember 2023 15:18 21 Des 2023 15:18

Thumbnail Permudah Akses Masyarakat, Pemdes Sambiki Halmahera Selatan Bangun Jalan Watermark Ketik
Pembuatan jalan baru Desa Sambiki Halmahera Selatan yang kini sudah mulai digunakan. (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Pemerintah Desa Sambiki, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara punya proyek besar, yakni membangun jalan yang akan menghubungkan dusun-dusun di desa tersebut. Langkah Pemdes Sambiki ini untuk menunjang konektivitas dan aksesibilitas warga demi mempercepat perputaran ekonomi desa. 

Pembangunan jalan yang berlokasi di empat dusun ini sebelumnya di rencanakan akan di buat sepanjang 700 meter. Namun dengan berbagai kendala dan kondisi lokasi yang di penuhi rawa, akses jalan tersebut di bangun dengan volume 300 meter sebagai pembangunan jalan tahap awal di tahun 2023.

Proyek pembangunan jalan ini bersumber dari Dana Desa (DD) dengan anggaran mencapai Rp 170 juta. Proyek ini akan menggunakan material jenis timbunan yang sebelumnya telah di gusur memakai 1 unit alat berat dengan waktu pelaksanaan pekerjaan sejak awal November hingga awal Desember 2023.

Kepala Desa (Kades) Sambiki Haerudin Wahid mengatakan, pembangunan jalan yang telah di laksanakan menjadi sarana transportasi darat yang bermanfaat bagi warga masyarakat.

Foto Kades Sambiki Haerudin Wahid saat meninjau penimbunan jalan di lokasi yang di penuhi rawa (Foto Pemdes Sambiki/Ketik.co.id)Kades Sambiki Haerudin Wahid saat meninjau penimbunan jalan di lokasi yang di penuhi rawa (Foto Pemdes Sambiki/Ketik.co.id)

"Tentu jalan ini akan sangat bermanfaat bagi warga masyarakat desa Sambiki. Selain sebagai akases transportasi, pembangunan jalan ini juga sebagai langkah perluasan desa" kata Haerudin pada Kamis, (21/12/2023). 

Haerudin menambahkan, sisa jalan yang belum terpenuhi di bangun akan di upayakan pembangunannya di tahun mendatang.

"Sesuai perencanaan awal, sisa volume jalan ini akan kami upayakan di tahun 2024 nanti. Ini karena lokasinya pembangunan jalan penuh rawa jadi pembangunanya juga harus bertahap. InsyaAllah di tahun 2024 kami upayakan untuk membangun sisanya," imbuhnya

Haerudin berharap, perangkat desa dan seluruh warga desa Sambiki dapat berperan aktif dalam pembangunan desa.

"Kami berharap para perangkat desa dan warga desa seluruhnya yang di dalamnya ada unsur pemuda, supaya saling mensuport dalam membangun desa. Jangan lupa saling mendoakan" pungkas Haerudin. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Desa Sambiki halmahera selatan Pembuatan jalan desa Dana Desa anggaran 2023 akses perputaran ekonomi desa Kecamatan Obi