Permudah ABK Belajar, SLB Idayu 2 di Kabupaten Malang Buat Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

25 Juli 2024 13:51 25 Jul 2024 13:51

Thumbnail Permudah ABK Belajar, SLB Idayu 2 di Kabupaten Malang Buat Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat Watermark Ketik
Bupati Malang Sanusi saat menyaksikan demo Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat milik SLB Idayu 2 Kabupaten Malang. (Foto : Binar Gumilang/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sekolah Luar Biasa atau SLB Idayu 2 di Pakis, Kabupaten Malang, melaunching Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat, Kamis, (25/7/2024). Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah belajar bagi Anak Berkebutuhan khusus (ABK).

Launching aplikasi yang bisa di akses secara online tersebut, dilakukan Bupati Malang Sanusi. Hadir pada kesempatan itu, Ketua Yayasan SLB Idayu Alam Aji Putera. 

Hadir pula Guru Besar UIN Malik Ibrahim Malang sekaligus Ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang Abdul Malik Karim Amrullah. Bupati Malang Sanusi mengapresiasi atas launching inovasi Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat tersebut.

"Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat ini, memberikan akses pendidikan yang layak kepada anak-anak berkebutuhan khusus di wilayah Kecamatan Pakis dan sekitarnya," ujarnya.

Foto Bupati Malang Sanusi bersama Ketua Yayasan SLB Idayu Alam Aji Putera. (Foto: Binar Gumilang/Ketik.co.id)Bupati Malang Sanusi bersama Ketua Yayasan SLB Idayu Alam Aji Putera. (Foto: Binar Gumilang/Ketik.co.id)

Lebih lanjut ia mengatakan, Anak Berkebutuhan Khusus ini selayaknya anak-anak pada umumnya. Seluruh generasi penerus bangsa memiliki kelebihan dari aspek yang berbeda-beda dengan potensi yang dapat dimaksimalkan. 

'Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk memberikan perhatian tanpa memandang apakah mereka memiliki keterbatasan atau tidak,” kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemkab Malang juga telah berkomitmen untuk memberikan pengayoman bagi para penyandang disabilitas. Bentuknya melalui aspek regulasi melalui Peraturan Daerah, maupun kegiatan dan pembangunan ramah inklusi.

“Komitmen inilah yang bertujuan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keleluasaan bagi penyandang disabilitas maupun orang tua," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan SLB Idayu Alam Aji Putera menjelaskan, aplikasi Kamus Bahasa Isyarat ini merupakan bentuk upaya untuk memajukan kualitas belajar anak berkebutuhan khusus. Sekaligus juga mempermudah siswanya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.

"Dengan adanya aplikasi ini siswa-siswi akan dipermudah dalam kegiatan proses belajar mengajar, lebih maju, canggih dan mandiri,”  ucapnya di tempat yang sama.

Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat ini kata ia, bisa diakses secara online maupun terhubung dengan internet. Sehingga, mempermudah para peserta didik dalam mengaksesnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

SLB Idayu 2 Kabupaten Malang Bupati Malang Anak berkebutuhan khusus ABK Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat