Perkuat Alutsista, Menhan Prabowo Serahkan Pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 ke TNI AU

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

25 Januari 2024 04:00 25 Jan 2024 04:00

Thumbnail Perkuat Alutsista, Menhan Prabowo Serahkan Pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 ke TNI AU Watermark Ketik
Menhan Prabowo menyerahkan Pesawat Hercules dihadiri Presiden Jokowi dan pejabat lainnya (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto menyerahkan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang berlangsung di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu (24/01/2024).

"Penyerahan pesawat baru Super Hercules C-130J ke 4 dari 5 unit yang akan segera tiba, yaitu 4 helikopter Fennec, dan 4 helikopter Panther kepada TNI AU, AD, dan AL," katanya dalam keterangan tertulisnya kepada media online nasional Ketik.co.id, Kamis (25/01/2024).

Prabowo menyebut, khusus pesawat Super Hercules ini sangat bermanfaat untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia, dengan kecanggihannya yang dapat mendarat di landasan sangat pendek, dan mampu terbang 11 jam nonstop untuk keperluan perang dan non perang.

"Saya berkomitmen akan terus menyiapkan dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia dalam membangun kekuatan dan kesejahteraan setiap prajurit TNI kita," ujar Prabowo menjelaskan dengan detail dan lugas.

Sementara itu dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar, dengan sebagian bandaranya hanya memiliki landasan yang pendek, sangat memerlukan pesawat ini. 

"Kondisi landasan seperti yang kita punya bisa didarati oleh Super Hercules, yang juga dapat terbang kurang lebih 11 jam nonstop. Pesawat ini telah dipesan beberapa tahun lalu, dan sangat penting untuk keperluan perang serta nonperang," ungkapnya.

Menurutnya, ini merupakan pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan untuk memperkuat armada pesawat angkut TNI AU. Pesawat kelima (A-1342) rencananya akan tiba pada April 2024. Tiga pesawat sebelumnya telah diserahkan kepada TNI AU. 

Selain pesawat tersebut, juga diserahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. 

"Sekaligus menyerahkan hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali," imbuhnya.

"Saya menilai kehadiran helikopter-helikopter tersebut memiliki peranan sangat penting dan dapat mendukung kapal perang atau fregat TNI," tukasnya.

Sebagai tambahan informasi, penyerahan pesawat ini disaksikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo, Panglima TNI, para Kepala Staf Angkatan, Ketua Komisi 1 DPR, dan para pejabat lainnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Menhan presiden Jokowi Pesawat Hercules TNI AU Prabowo Subianto helikopter Fennec helikopter Panther