Peringati Hari Pahlawan, Midtown Hotels Indonesia Lakukan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

10 November 2023 05:11 10 Nov 2023 05:11

Thumbnail Peringati Hari Pahlawan, Midtown Hotels Indonesia Lakukan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Surabaya Watermark Ketik
Tim Midtown Hotel Indonesia melakukan tabur bunga di Makam Bung Tomo Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Ada beragam cara untuk memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Seperti yang dilakukan Midtown Hotel, yang memperingati Hari Pahlawan dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di Surabaya. 

Kegiatan ini diikuti oleh keluarga besar Midtown Hotels Indonesia yang terdiri dari Midtown Hotel Surabaya, Midtown Residence Surabaya, Crown prince Hotel Surabaya dan Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya. 

Menurut Corporate General Manager Midtown Indonesia Donny Manuarva, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk terus menumbuhkan jiwa perjuangan khsusunya untuk tim dari hotel Midtown.

Kegiatan ini juga untuk menghargai jasa para pahlawan sudah berbuat sangat luar biasa untuk Kota Surabaya. 

"Saya sebagai arek Suroboyo mengunjungi beliau-beliau yang kita ziarahin ini itu sudah berbuat sangat banyak untuk Kota Surabaya, jadi dengan doa sudah sangat-sangat membantu," ujarnya. 

Foto Corporate General Manager Midtown Indonesia Donny ManuarvaCorporate General Manager Midtown Indonesia Donny Manuarva. (Shinta Miranda/ Ketik.co.id )

Selain itu, menurutnya ini adalah kegiatan pertama yang digelar oleh Tim Midtown hotel di Hari Pahlawan ini. 

"Untuk ziarah di TMP baru pertama kali," papar Donny.

Agenda tabur bunga ini mengunjungi makam pahlawan asli arek Surabaya bernama Letnan Achijat yang dikenal sebagai Si Alap-Alap Suroboyo. Julukan ini karena kegigihan dan keberaniannya dalam menyusup koloni penjajah dan sangat gesit dalam penyerangan. 

Selain itu juga ke makam Bung Tomo sebagai pembakar semangat Arek-Arek Suroboyo bersama dengan keluarga yaitu Putranya yaitu Bambang Sulistomo. 

Keluarga Letnan Achijat, Isa Alamsyah Achijat sebagai anak kandung bergantian meletakkan karangan bunga, menabur bunga dan megguyurkan air dari kendi. 

“Kami pun tumbuh menjadi pribadi yang menurun dari ayahanda, menjunjung tinggi jiwa kemanusiaan dan tidak mudah menyerah mengalir dari beliau," terang Isa. 

Dijelaskan juga Bambang Sulistomo, putra Bung Tomo, yang dengan perlahan mendekati makam tersebut dan terlihat begitu khusyuk dalam memanjatkan doa-doa terbaiknya kepada sang ayahanda. 

“Beliau memang begitu gigih dalam mengobarkan semangat arek-arek Suroboyo melalui pidatonya yang akhirnya berhasil membangkitkan semangat rakyat Surabaya untuk kembali semangat melawan penjajah," ujar Bambang Sulistomo. (*)

Tombol Google News

Tags:

Midtown Hotel Hari Pahlawan 10 November Taman Makam Pahlawan TMP Letnan Achijat Bung Tomo