Penyebab Rem Motor Matic Sering Blong di Turunan, Bagaimana Menghindarinya?

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

11 Februari 2023 08:19 11 Feb 2023 08:19

Thumbnail Penyebab Rem Motor Matic Sering Blong di Turunan, Bagaimana Menghindarinya? Watermark Ketik
Ilustrasi pengendara motor matic saat melibas jalanan menurun. (Foto: Dok. AHM)

KETIK, JAKARTA Kejadian rem blong menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi pada pengendara motor transmisi otomatis atau matic. Rem blong pada motor matic ini sering terjadi saat berkendara di medan jalan yang turun. Apa penyebab rem motor matic sering blong di turunan? Dan Bagaimana cara menghindarinya?

DIlansir dari Suzuki.co.id, motor matic memang hanya membebankan pengurangan laju kendaraan hanya pada rem saat berada di jalan menurun.

Itu berbeda dengan motor manual yang pada saat berada di jalan menurun pengendara bisa memanfaatkan engine brake untuk menghambat laju kendaraan.

Apalagi, untuk memperlambat kecepatan khususnya di jalan turunan, sering pengendara matic selalu menekan tuas rem dalam waktu yang lama.

Nah, masalahnya, banyak pemilik kendaraan matic yang tidak menyadari kesalahan ini. Kebiasaan menekan tuas rem terlalu lama nyatanya memang bisa membuat kemungkinan rem motor matic mengalami blong semakin besar.

Berikut Penyebab Rem Skutik Blong:

1. Menggunakan rem depan terlalu lama

Hampir semua skutik yang beredar di Indonesia menggunakan rem depan dengan model cakram. Saat berada dalam kondisi turunan yang curam, kebiasaan pengendara menggunakan rem depan terlalu lama sangat berbahaya.

Saat menekan tuas rem terlalu lama, maka hal tersebut dapat menyebabkan kampas rem dan piringan cakram menjadi panas sehingga membuat oli menjadi cair. Saat oli cair, maka rem motor tidak akan berfungsi lagi.

2. Menggunakan rem depan-belakang bersamaan

Kesalahan kedua yang banyak dilakukan oleh pengendara skutik adalah dengan menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.

Saat kedua rem digunakan dalam waktu yang sama, maka akan membuat rem blong di kedua rem semakin besar.

3. Memaksakan kendaraan

Sebelum rem benar-benar blong, ada tanda-tanda yang bisa dirasakan pemilik kendaraan terlebih dahulu. Itu seperti jarak pengereman yang semakin panjang dan tuas rem yang harus ditekan semakin dalam.

Jika mendapati hal ini, pengendara motor matic harus behati-hati. Bisa dipastikan motor yang ditumpanginya akan segera mengalami rem blong.

Cara Mengatasi Rem Blong pada Skutik

1. Cek komponen rem

Sebelum bepergian, sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksa komponen rem skutik Anda dengan teliti. Pastikan kampas, oli, dan piringan cakram masih dalam kondisi yang layak. Jika menemukan keausan, maka sebaiknya segera diganti.

2. Menggunakan rem secara bergantian

Yang harus dilakukan oleh pengendara skutik pada saat berkendara di jalan yang menurun dalam waktu yang lama adalah dengan menggunakan rem secara bergantian.

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar rem tetap dalam kondisi maksimal.

3. Sering istirahat

Istirahat saat berkendara dengan skutik di medan jalan yang naik-turun menjadi solusi untuk mengatasi rem blong. Dengan mengistirahatkan kendaraan sejenak, kondisi suhu perangkat rem bisa kembali normal.

Itulah beberapa penyebab rem motor matic sering blong saat di jalanan turunan dan cara mengatasinya. Selamat berkendara dan selalu hati-hati di jalan ya!.(*)

Tombol Google News

Tags:

Matic Motor rem blong turunan