Penataan PKL Kota Lama, Pemkot Prioritaskan Warga Terdampak Revitalisasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

19 Juni 2024 11:00 19 Jun 2024 11:00

Thumbnail Penataan PKL Kota Lama, Pemkot Prioritaskan Warga Terdampak Revitalisasi Watermark Ketik
Kawasan Kota Lama Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menjelang pembukaan objek wisata kawasan Kota Lama Surabaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melakukan penataan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL).

Penataan PKL ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat saat kawasan Kota Lama Surabaya sudah dibuka.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan untuk penataan PKL nanti pihaknya akan memprioritaskan warga yang sebelumnya sudah berjualan di sekitar Kawasan Kota Lama Surabaya.

Pemkot Surabaya akan menyewakan tempat agar mereka bisa berjualan, diharapkan dengan program ini akan mendongkrak perekonomian UMKM di Surabaya.

"Ya tentu untuk UMKM atau PKL kita sudah siapkan tempat dan yang kita prioritaskan adalah warga Surabaya yang sebelumnya sudah berjualan," jelas Eri Kepada Ketik.co.id.

Alasan Eri memprioritaskan PKL yang sudah berjualan karena dirinya tidak ingin momen ini dijadikan ajang aji mumpung bagi pihak lain. PKL yang terdampak proyek revitalisasi kawasan Kota Lama Surabaya akan diprioritaskan.

"Prioritas ini akan kami berikan kepada warga yang sebelumnya sudah berjualan. Jadi kalau sebelumnya tidak berjualan ya kita tidak berikan tempat," tambahnya

"Saya tidak ingin momen ini dijadikan ajang aji mumpung oleh pihak-pihak lain. Kok enak sebelumnya tidak jualan, terus ada peresmian Kota Lama minta tempat buat jualan," imbuhnya.

Menurut Eri, saat proses revitalisasi, banyak PKL yang berada di sekitar kawasan Kota Lama terdampak dan tidak dapat berjualan.

Oleh sebab itu, setelah Kota Lama dibuka, dirinya ingin memberikan timbal balik dengan memberikan tempat berjualan bagi PKL yang terdampak.

"Ya tentunya kita mengutamakan PKL yang terdampak. Setelah Kota Lama jadi, kita ajak mereka untuk berjualan lagi. Tidak bisa awalnya tidak jualan terus tiba-tiba daftar," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kawasan Kota Lama Penataan PKL Pemkot Surabaya Eri Cahyadi UMKM Ekonomi