Pemkot Pagaralam Dukung Penuh Pengembangan Objek Wisata Berbasis Kelestarian Hutan

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: M. Rifat

27 Februari 2023 08:20 27 Feb 2023 08:20

Thumbnail Pemkot Pagaralam Dukung Penuh Pengembangan Objek Wisata Berbasis Kelestarian Hutan Watermark Ketik
Keberadaan Agroforestry Kibuk 94, berlokasi di kawasan Area Gunung Dempo, Dusun unung Agung Pauh, menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan ke Kota Pagaralam. (Foto; AL/Kerik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam mendukung penuh keberadaan Wisata Agroforestry 94, yang dikelola Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kibuk dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS).

Objek wisata ini berlokasi di kawasan Area Gunung Dempo, Dusun Gunung Agung Pauh, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, Brilian Aristofani, melalui Kabid Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pariwisata, Marta Dianata saat dihubungi Ketik.co.id Senin (27/2) mengatakan, dirinya sangat mendukungan peresmian salah satu HKm yang berada di wilayah Kecamatan Dempo Utara itu.

“Pemkot sangat mendukung segala bentuk kegiatan wisata yang dapat memajukan dan mengembangkan objek wisata, sekaligus turut mendukung upaya Pemkot menjadikan Pagaralam sebagai tujuan wisata dengan menerapkan prinsip kelestarian hutan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) wilayah X Dempo Heri Mulyono dalam sambutannya menegaskan, tujuan dari HKm ini adalah untuk mengembalikan lagi posisi hutan.

“Bukan tujuan HKm ini kalau untuk membuka ladang, hutan apa? Hutan yang bermanfaat seperti penanaman pohon kopi, alpukat, nangka dan lain-lain,” ujarnya.

Ketua KUPS Wisata Agrofrestry 94, Niandi Puspito melalui Sekretaris, Rusi didampingi Ketua HKm Kibuk, Boedi dan Korlap wisata agroforestry kibuk 94, Burni Husin menuturkan, selain mengembangkan Wisata Agorforesty Kibuk 94, pihaknya menjalankan Program Pehutanan Sosial, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pola pemberdayaan dengan tetap berpedoman pada aspek kelestarian.(*)

Tombol Google News

Tags:

HKm hutan Wisata pagar alam pagaralam pemkot