Pastikan Laik Jalan, Bus Pariwisata di Kota Batu Dicek

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

18 Juni 2024 23:05 18 Jun 2024 23:05

Thumbnail Pastikan Laik Jalan, Bus Pariwisata di Kota Batu Dicek Watermark Ketik
Petugas Gabungan melakukan Rampcheck bus wisata di beberapa lokasi wisata di wilayah hukum Polres Batu, Selasa (18/6/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Petugas Gabungan melakukan Rampcheck bus wisata di beberapa lokasi wisata di wilayah hukum Polres Batu, Selasa (18/6/2024). Diketahui, selama libur idul Adha, Kota Batu dan sekitarnya dibanjiri wisatawan.

Petugas gabungan yang terdiri dari Satlantas Polres Batu, Kementerian Perhubungan, Dishub Kabupaten Malang dan Jasa Raharja mengecek kelaikan bus pariwisata di beberapa lokasi. Seperti Batu Secreet Zoo, BNS, Air Terjun Coban Rondo Pujon, Florawisata Santera De Laponte di Pujon.

Pengawas Satuan pelayanan Terminal Tipe A Arjosari Malang, Maria Margareta menyampaikan, Rampcheck itu adalah upaya untuk memastikan keselamatan dan kelayakan operasional bus pariwisata yang digunakan oleh masyarakat saat musim liburan.

"Dalam kegiatan Rampcheck ini dilakukan pengecekan antara lain SIM (Surat Izin Mengemudi), Uji KIR, KPS (Kartu Pengawasan Sementara) dan STNK," ujarnya.

Menurut Maria, SIM merupakan dokumen wajib bagi setiap pengemudi. SIM pengemudi bus pariwisata biasanya adalah SIM B1 atau B2 umum, tergantung pada kapasitas bus yang dikemudikan.

Sementara, Uji KIR adalah pemeriksaan kendaraan bermotor untuk memastikan kelayakan jalan dan keamanan kendaraan. Setiap Bus Pariwisata harus menjalani Uji KIR secara berkala untuk memastikan bahwa semua system kendaraan berfungsi dengan baik dan memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

"SIM ini memastikan bahwa pengemudi telah lulus uji kompetensi mengemudi kendaraan besar dan memiliki kemampuan serta pengetahuan yang cukup untuk mengemudikan Bus Pariwisata dengan aman," jelasnya.

Dalam Rampcheck tersebut kendaraan yang laik jalan diberikan stiker warna biru. Sedangkan, kendaraan yang tidak laik jalan akan diberi peringatan dan stiker berwarna merah karena tidak memenuhi persyaratan teknis.

“Dalam rangka meningkatkan keselamatan angkutan jalan BPTD kelas II Jawa Timur akan terus melaksanakan rampcheck,” pungkas Maria. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Idul adha Rampcheck bus pariwisata Polres Batu