Pasca Longsor, Tol Bocimi Difungsikan Kembali dengan Sistem Buka Tutup

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Naufal Ardiansyah

11 April 2024 16:04 11 Apr 2024 16:04

Thumbnail Pasca Longsor, Tol Bocimi  Difungsikan Kembali dengan Sistem Buka Tutup Watermark Ketik
Tol Bocimi telah dibuka kembali dengan sistem buka tutup (11/04/2024) (Foto: Kementerian PUPR)

KETIK, SUKABUMI – Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) yang sempat mengalami longsor di Ruas Cigombong - Cibadak Km 64+600, kini difungsikan kembali dengan sistem buka tutup.

Tercatat lebih dari satu juta kendaraan  meninggalkan wilayah Jabodebek sejak H-7 Lebaran untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. 

Pasca penanganan darurat dan pembersihan lokasi oleh Kementerian PUPR dan pihak lainnya di Jalan Tol yang menghubungkan Bogor-Sukabumi tersebut bisa dilalui para pengguna jalan.  

Hal itu disampaikan oleh Menteri PUPR bersama pihak Kepolisian Resort (Polres) Sukabumi bahwa ruas tersebut dapat difungsikan untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas selama masa Mudik Lebaran 2024.

"Fungsional ini akan diberlakukan sistem buka-tutup dengan jam operasional dalam kendali Polres Sukabumi. Kemungkinan antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya mulai dari Pintu Cigombong (KM 60) ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (KM 72) - Sukabumi," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kamis (11/4/2024).

Disampaikannya, dengan pertimbangan keselamatan, maka hanya satu lajur pada KM64+600 B yang dibuka fungsional, itu pun hanya untuk kendaraan golongan 1."Pengaturan lalu lintasnya dilakukan sepenuhnya oleh jajaran Polres Sukabumi," timpalnya menambahkan.

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro menghmbau kepada pengguna jalan tol untuk tetap berhati-hati dan senantiasa mengikuti arahan petugas kepolisian di lapangan untuk keselamatan dan keamanan bersama.

"Bagi para pengendara yang masih di perjalanan harus tetap berhati-hati, kalau lelah istirahat dahulu ke rest area tertentu atau menepi di kantor gerbang tol sejenak," ujarnya menegaskan.

Menterin PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pihaknya secara serius terus berupaya untuk turut mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan bagi semua para pengguna jalan.

"Selamat merayakan suka cita lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Utamakan keselamatan, selamat mudik, salam untuk keluarga," tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tol Bocimi PUPR lebaran Arus Mudik Polres Sukabumi