Pasar Kuliner Kota Pagaralam Tonjolkan Makanan Khas Besemah

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: M. Rifat

6 Februari 2023 06:16 6 Feb 2023 06:16

Thumbnail Pasar Kuliner Kota Pagaralam Tonjolkan Makanan Khas Besemah Watermark Ketik
Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni mencoba mempromosikan produk panganan khas Besemah, saat melakukan santap pagi di Pasar Kuliner Pagaralam. (Foto: Al/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM “Keberadaan Lapangan Merdeka Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Pagaralam Utara, diharapkan bisa menjadi lokasi titik kumpul masyarakat Pagaralam, yang ingin menikmati kuliner, berolahraga dan hiburan,” ucap Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni SH saat meresmikan dan menijau jajanan kuliner di Pasar Kuliner Kota Pagaralam, kemarin (5/2/2023).

Dikatakan Kak Pian, sebagai pembeda di Pasar Kuliner Pagaralam ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam memiliki target utama untuk menonjolkan berbagai macam makanan khas Besemah, mulai dari kelicok, buah rengas dan lainnya.

“Makanya, target utama kita di Pasar Kuliner Pagaralam ini, dapat lebih mengenalkan lagi makanan khas Besemah. Karena itu, kita mendesain seenak mungkin. Saya juga berharap ke depan itu, akan ada makanan-makanan khas di Pasar Kuliner Pagaralam,” ungkapnya.

Beranjak dari keinginan itu, tambah Kak Pian, dirinya meminta kepada Disperindagkop dan UKM Kota Pagaralam, untuk dapat melakukan Lomba-lomba makanan khas Besemah, seperti lemang, kelicok, gunjing.

“Kita akan terus melakukan promosi atau endors, mengenai makanan khas Besemah hingga ini, bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dan sudah menjadi tugas kita bersama, bagaimana menjelaskan makanan khas Besemah itu, kita optimis ini bisa terwujud, sebab bicara makanan itu pastinya, setiap orang itu tertarik dan ingin mencoba,” katanya.

Kak Pian menambahkan, Pasar Kuliner Pagaralam yang sudah berjalan ini dia harapkan bisa menjadi suatu wisata yang berbeda dibanding yang teah ada selama ini. "Jadi, saya ingin ini kita jaga bersama-sama, kalaupun nantinya para pedagang ingin menambah meja, silakan hanya diusahakan tidak memakan tempat,” ujar Kak Pian.

Ke depan, kata Kak Pian, bila pengunjung lagi ramai, tentu dipersilahkan bagi pedagang untuk menambah kursi di bagian pelataran depan. Akan tetapi tidak permanen dan bisa dirapikan lagi. “Karena, kita kan ingin melihat estetikanya. Penataan Pasar Kuliner yang baik,” terangnya.

Kalau bicara lebih jauh, tentang Alun-alun seperti di Yogyakarta, sebut Kak Pian, itu tentu identik dengan tempat berkumpulnya masyarakat. “Nah, saya ingin itu juga sama seperti halnya di Alun-alun Lapangan Merdeka ini. Makanya, tahun depan, kolam yang ada di samping Lapangan Merdeka itu, akan dijadikan taman apung, taman bermain anak-anak, sehingga orang itu bila ingin kumpul ada tempatnya di Lapangan Merdeka,” tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

pasar Kuliner besemah pagar alam walikota Alpian