Pagi Ini, Gelombang Dua Jemaah Haji Indonesia Mendarat di Jeddah

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

7 Juni 2023 20:29 7 Jun 2023 20:29

Thumbnail Pagi Ini, Gelombang Dua Jemaah Haji Indonesia Mendarat  di Jeddah Watermark Ketik
Jemaah haji Indonesia. (Foto: Kemenag RI)

KETIK, JAKARTA – Fase kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang dua akan berlangsung secara bertahap mulai hari ini,  Kamis 8 Juni 2023. Mereka akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan selanjutnya akan menuju ke Makkah untuk melaksanakan umrah haji.

Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 46 Embarkasi Solo-Yogyakarta (SOC-46) menjadi yang pertama tiba di Bandara Jeddah. Mereka dijadwalkan akan mendarat di Jeddah pada Kamis dini hari pukul 04.05 Waktu Arab Saudi (WAS).

Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam menuturkan, tidak ada penyambutan khusus kedatangan perdana jemaah haji Indonesia di Bandara Jeddah ini. Hal ini berdasarkan arahan pimpinan untuk meminimalisasi acara seremonial.

"Kita hanya menyambut dan memastikan semuanya berjalan  lancar. Apalagi jemah sudah memakai ihram dari Tanah Air dan jemaah bisa langsung melaksanakan ibadah umrah ke Makkah," ujarnya di Jeddah, Rabu (7/6/2023).

Nasrullah menyatakan, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara telah siap menyambut kedatangan para jemaah gelombang dua ini. 

Kendati sebagian petugas juga masih melayani kedatangan jemaah gelombang satu di Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah yang akan berakhir pada Kamis dini hari pukul 02.20 WAS.

Karena itu, Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah ini meminta maskapai penerbangan yang mengangkut jemaah haji gelombang dua ini disiplin. Dia tidak ingin kejadian-kejadian keterlambatan penerbangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci terulang, sebab akan berdampak domino pada pelayanan lain.

"Kami sudah mengadakan rapat dengan pihak maskapai Saudia Airlines terkait supaya tidak ada keterlambatan dan masalah lagi," kata Nasrullah. 

"Walau secara jadwal berbeda antara Bandara Madinah dan Jeddah, tapi untuk urusan katering dan konsumsi juga berpengaruh bila ada keterlambatan jadwal atau yang lainnya," ujarnya menambahkan. (*)

Tombol Google News

Tags:

jemaah haji Indonesia gelombang dua Jeddah