OJK Perintahkan Bank Blokir Puluhan Rekening, Upaya Lindungi Masyarakat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

22 Desember 2023 08:23 22 Des 2023 08:23

Thumbnail OJK Perintahkan Bank Blokir Puluhan Rekening, Upaya Lindungi Masyarakat Watermark Ketik
Gedung OJK Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meminta perbankan melakukan pemblokiran terhadap lebih dari 85 rekening yang diduga terkait dengan pinjaman online ilegal. Langkah ini dilakukan sejak September 2023 sebagai upaya untuk memberantas menjamurnya layanan pinjaman online (Pinjol) ilegal. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan (KEPP) OJK Dian Ediana Rae mengatakan langkah penindakan tegas terhadap kegiatan yang mengganggu perekonomian dan masyarakat seperti pinjaman online ilegal akan terus dilakukan oleh OJK.

"OJK akan menjaga integritas sistem keuangan dari gangguan kejahatan ekonomi, termasuk penggunaan perbankan melalui pemanfaatan rekening oleh oknum tertentu untuk sarana melakukan kejahatan," jelasnya di Jakarta (21/12/2023).

Lebih lanjut, OJK juga meminta industri perbankan untuk menjaga komitmen yang kuat dalam mendukung upaya pemberantasan aktivitas keuangan yang melanggar hukum, termasuk pinjaman online ilegal melalui peningkatan pelaksanaan customer due dilligence dan enhanced due dilligence (CDD/EDD).

Tidak berhenti sampai disitu, pihak bank juga harus melakukan analisis dan pemblokiran rekening secara mandiri. Khusus terkait pinjaman online ilegal, apabila terdapat ciri-ciri umum seperti, tidak terdaftar/berizin dari OJK, penawaran bunga tinggi, persyaratan perjanjian pinjaman yang tidak jelas, penawaran melalui Spam, SMS, maupun media sosial, meminta akses terhadap data pribadi, dan tidak memiliki identitas kantor yang jelas. 

"Kami meminta masyarakat agar waspada terhadap penawaran pinjaman online, serta memastikan hanya menggunakan pinjaman online resmi yang terdaftar/berizin dari OJK," tambahnya.

OJK akan terus menjalin sinergi dan berkoordinasi serta bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memberantas tindak pidana di bidang perbankan di Indonesia, serta memperkuat literasi keuangan dan melakukan program komunikasi maupun edukasi secara aktif dan menyeluruh untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

OJK Ekonomi Pinjol Ilegal Blokir Rekening Perbankan bank