ODF 100 Persen, Pemkab Bandung Optimistis Raih Swasti Saba Wistara

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

14 Juli 2023 10:29 14 Jul 2023 10:29

Thumbnail ODF 100 Persen, Pemkab Bandung Optimistis Raih Swasti Saba Wistara Watermark Ketik
Ketua FKBS Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna saat rakor persiapan verifikasi KKS 2023 di Kantor Bappelitbangda Kab Bandung, Jumat (14/7/2023).

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung tahun ini menargetkan meraih predikat Swasti Saba Wistara, pada penilaian Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia. Target ini optimistis tercapai karena Kabupaten Bandung sudah mencapai Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) 100 persen.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Persiapan Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023, di Ruang Rapat Malabar Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bandung, Jumat (14/7/2023).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung, Marlan menandaskan, pihaknya akan mendorong seluruh perangkat daerah, masyarakat dan Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) untuk bersinergi meraih penghargaan Swasti Saba dengan predikat Wistara pada tahun 2023. Sebab kata Marlan, saat ini Kabupaten Bandung sudah mencapai ODF 100 persen.

"Kita targetkan meraih Swasti Saba Wistara. Kita optimis bisa meraih Wistara karena ODF Kabupaten Bandung sudah 100 persen," kata Marlan yang juga selaku Pembina Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS), Jumat (14/7/23).

Foto Ketua FKBS Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna saat rakor persiapan verifikasi KKS 2023 di Kantor Bappelitbangda Kab Bandung, Jumat (14/7/23). (Foto: Iwa/Ketik.coid)Ketua FKBS Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna saat rakor persiapan verifikasi KKS 2023 di Kantor Bappelitbangda Kab Bandung, Jumat (14/7/23). (Foto: Iwa/Ketik.coid)

Anugerah Swasti Saba merupakan penghargaan dari pemerintah ke para pemimpin daerah yang mampu menciptakan kabupaten dan kota yang bersih dan sehat.

Guna menghadapi penilaian KKS pada tahun 2023, maka berbagai persiapan dilakukan. Terlebih saat ini verifikasi dilakukan secara hybrid baik online maupun offline. Untuk itu dibentuk tim yang diketuai Kepala Bappelitbangda Kabupaten Bandung Erwin Rinaldi, untuk memastikan dukungan kelengkapan sarpras, pariwisata dan lalu lintas, serta dokumen Sekretariat FKBS dalam rangka memenuhi kriteria 9 tatanan Swasti Saba.

Sedangkan Ketua FKBS Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna berkomitmen akan meningkatkan predikat Padapa ke Wistara.

"Tidak semata hanya meraih predikat Wistara, tapi yang terpenting bagaimana masyarakat Kabupaten Bandung Sehat bisa terwujud sepenuhnya," tandas Emma yang juga istri dari Bupati Bandung. 

Emma menyebut ada beberapa lokus site visit dalam rangka penilaian KKS 2023 ini. Antara lain lokus sungai di D’Valley Waterfall Curug Awi Langit Desa Alamendah Kecamatan Rancabali, Posyandu Sukawening dan Car Free Day, kesiapan terminal, dan Sekolah Sehat.(*)

Tombol Google News

Tags:

swasti saba swasti saba pada Swasti Saba Wistara odf PEMKAB BANDUNG