Nikmatnya Cita Rasa Kopi Karya SLBN Surade Sukabumi, Mantap Banget!

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

27 Januari 2024 03:48 27 Jan 2024 03:48

Thumbnail Nikmatnya Cita Rasa Kopi Karya SLBN Surade Sukabumi, Mantap Banget! Watermark Ketik
Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya menikmati kopi karya peserta didik SLBN Surade Sukabumi (Foto: Humas Disdik Jabar)

KETIK, SUKABUMI – Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi nomor empat terbesar di dunia, dengan beragam jenis varietas kopi yang populer, di antaranya ada kopi Gayo, Kintamani, Luwak, Jawa, Sidikalang, dan Toraja.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Wahyu Mijaya didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Lima Faudiamar, menikmati cita rasa kopi karya para pelajar di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Surade Sukabumi.

"Di SLBN Surade ini saya meresmikan tempat minuman khas dan unik yang dinamakan dengan Kafe SLBN Surade di Kabupaten Sukabumi," ujar Wahyu menambahkan sembari menikmati kopi tersebut, Sabtu (27/01/2024).

Dirinya menyatakan, bahwa kafe SLBN Surade Sukabumi yang diberi nama Surabi Cafe itu sepenuhnya dikelola oleh peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. 

"Yang paling keren, beberapa peserta didik telah mengantongi sertifikat food and beverage dari Grand Sunshine Resort dan Convention, Kabupaten Bandung," ungkapnya dengan jelas dan lugas.

Menurutnya, pembangunan kafe yang bersumber dari DAK Fisik PKLK tahun 2023 ini, menyediakan lahan terbuka hijau dengan hamparan rumput sintetis, ditambah lagi dengan Bean Bag Sofa. 

Oleh sebab itu, Kadisdik Jabar secara khusus menitipkan pesan kepada pihak sekolah untuk memelihara bangunan yang sudah bagus ini beserta administrasinya.

"Saya meminta semua warga sekolah agar bersama-sama memelihara fasilitas dan sarana prasarana sekolah sebaik-baiknya. Karena, siapa lagi yang bisa memelihara kalau bukan kita. Pokoknya ini sudah estetik banget deh," pesannya.

Selain itu ke SLBN Surade, Wahyu juga melakukan kunjungan kerja berupa roadshow ke sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kabupaten dan Kota Sukabumi.

"Kunjungan tersebut untuk meninjau kegiatan belajar mengajar serta memonitoring sarana dan prasarana sekolah di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi," imbuhnya.

Wahyu menyebut, adapun beberapa sekolah yang dikunjungi, selain SLBN Surade, yaitu SMKN 1 Surade Kabupaten Sukabumi, SMAN 1 Surade Kabupaten Sukabumi, SMAN 1 Jampangkulon Kabupaten Sukabumi, SMAN 2 Kota Sukabumi, SMAN 4 Kota Sukabumi, dan SMAN 1 Kota Sukabumi.

Sementara itu, Kepala Bidang PKLK Disdik Jabar, Deden Saepul Hidayat pun berharap, SLBN Surade menjadi percontohan dalam pendidikan vokasional. 

"Kami juga sudah punya tagline, yaitu BMW Mamah. B-nya bekerja, M-nya melanjutkan, W-nya wirausaha, dan Mamah-nya adalah mandiri di rumah," terangnya menuturkan. 

Selain peresmian kafe, kegiatan yang juga diisi sosialisasi program Adik Bersama dan pembinaan tersebut, dihadiri pula oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Diah Restu Susanti, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Lima Faudiamar serta tamu undangan lainnya.

Sebagai tambahan informasi, dari berbagai sumber yang dihimpun  berikut enam kopi asal Indonesia yang dikenal dan disukai di dunia:

1. Kopi Gayo 

Kopi Gayo merupakan jenis kopi  Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah aceh tengah tepatnya di  dataran tinggi gayo. Di daratan tinggi gayo inilah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan. Buah Kopi Gayo, Aceh Tengah. Kopi gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat. 

2. Kopi Kintamani 

Selain pesona wisata yang sangat terkenal di dunia. Bali juga mempunyai permata yang tersembunyi yaitu penghasil kopi terbaik di dunia. Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain. Kopi disini bercita rasa bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kopi Kintamani juga bercita rasa keasaman bercampur dengan rasa segar sehingga menimbulkan cita rasa yang unik. 

3. Kopi Luwak

Kopi ini menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh dunia. Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini. Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik. 

4. Kopi Jawa

Kopi jawa mulai di kenal dunia sejak abad ke 17. Saat itu belanda memulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Walaupun Jenis-Jenis Kopi sudah banyak tetapi kopi jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda.

5. Kopi Sidikalang

Kopi sidikalang menjadi kopi terbaik di indonesia selanjutnya yaitu dengan cita rasa yang mantap. Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia. Kopi Sidikalang merupakan pilihan terbaik saat menemani sore anda. Jenis-Jenis kopi ini sangat mudah kamu temui di berbagai tempat di indonesia.

6. Kopi Toraja

Kopi Toraja asal Sulawesi jadi favorit masyarakat dari benua Eropa. Karakter rasa kopi Toraja cukup berat, dengan body tebal dan tingkat keasaman rendah. Rasanya cenderung sangat pahit dan ada sedikit rasa earthy di dalamnya. Kopi di Toraja ada yang merupakan jenis Robusta dan Arabika. (*) 

Tombol Google News

Tags:

SLBN Surade Kadisdik Jabar Kopi Sekolah luar biasa Kopi Sidikalang kintamani Luwak