Nekat! Satu Keluarga Mudik Menggunakan Kendaraan Bak Terbuka dari Lahat Sumsel ke Serang Banten

Jurnalis: Andriego Pandega
Editor: M. Rifat

6 April 2024 18:57 6 Apr 2024 18:57

Thumbnail Nekat! Satu Keluarga Mudik Menggunakan Kendaraan Bak Terbuka dari Lahat Sumsel ke Serang Banten Watermark Ketik
Sahri dan keluarga, nekat mudik dari Lahat, Sumsel ke Serang, Banten dengan kendaraan bak terbuka (6/4/2024). (Foto: Andriego/Ketik.co.id)

KETIK, BANDAR LAMPUNG – Momen berkumpul dengan keluarga besar di hari Lebaran membuat satu keluarga yang berasal dari Kecamatan Merapi, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan nekat melakukan mudik ke Serang, Banten, dengan kendaraan bak terbuka.

Ketik.co.id bertemu dengan rombongan ini saat hendak menyeberang di Pelabuhan Bakauheni pada Minggu dini hari (07/04/2004).

Pemudik yang nekat membawa keluarganya dengan kendaraan jenis pick up bak terbuka colt diesel ini telah menempuh perjalanan dari Sumatera Selatan ke Pelabuhan Bakauheni selama kurang lebih 10 jam.

Sahri, pemudik yang nekat mudik dengan bak terbuka bersama keluarga itu mengatakan bahwa hal tersebut dia lakukan untuk menghemat pengeluaran. Dia menyebut apabila sewa atau rental kendaraan seharinya bisa mencapai 4 ratus ribu.

"Ya lebih baik saya bawa keluarga dengan mobil bak terbuka tapi milik sendiri kalau mau rental mahal kita tidak sanggup," ujar Sahri kepada Ketik.co.id.

Foto Foto kondisi pemudik asal Sumatera SelatanSahri dan keluarga, antre di Pelabuhan Bakauheni, Minggu dini hari (7/4/2024). (Foto: Andriego/Ketik.co.id)

Dia melanjutkan, dia dan anak tertua duduk di depan. Sedangkan istri dan kedua anaknya yang lain di belakang (bagian bak kendaraan Pick Up).

"Yang Anak tertua di depan bersama saya, sedangkan istri dan kedua anaknya dibelakang," terangnya.

Agar istri dan kedua anaknya tidak kehujanan dan kepanasan di belakang, sebagian bak kendaraannya dia beri terpal atau atap dari plastik.

Diketahui, perjalanan yang ditempuh oleh pemudik ini sudah lebih dari 9 jam dan harus mengantri lagi di Pelabuhan Bakauheni selama lebih dari 1 jam. Dan sampai Minggu dini hari (7/4/2024) ini belum dapat masuk ke dalam kapal.

Selama perjalanan ini, anggota keluarganya yang berjumlah 5 orang itu terpaksa harus duduk di bak belakang, supaya dapat mudik ke kampung halaman di Serang, Banten.

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni

Sampai Minggu dini hari (7/4/2024), antrean kendaraan pada puncak arus mudik Lebaran 2024 hari pertama atau Sabtu (6/4/2024) terus terjadi di Pelabuhan Bakauheni.

Foto Foto Kondisi Antrian Kendaraan Di Pelabuhan BakauheniKondisi Antrian Kendaraan Di Pelabuhan Bakauheni, Minggu dini hari (7/4/2024) (Foto: Andriego/Ketik.co.id)

Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), penumpang sebanyak 222 ribu orang dan 46.250 kendaraan beroda empat telah diseberangkan dari Pelabuhan Merak di Provinsi Banten ke Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung pada 3-5 April 2024.

Diprediksi puncak arus mudik penyeberangan akan terjadi pada Sabtu (6/4/2024) atau H-4 hingga Minggu (7/4/2024). (*)

Tombol Google News

Tags:

Pelabuhan Bakauheni Bakauheni Lampung Sumatera Selatan Mudik2024 Arus Mudik 2024 viral Arus Mudik mudik dengan pick up