Musyawarah Besar Rasai Togale Buton Obi Halmahera Selatan Segera Digelar

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

5 Maret 2024 05:00 5 Mar 2024 05:00

Thumbnail Musyawarah Besar Rasai Togale Buton Obi Halmahera Selatan Segera Digelar Watermark Ketik
Tim 8 Rasai dan beberapa Tokoh Togale dan Buton Obi berpose usai Rapat perencanaan Musbes, (4/3/2024) (Foto: Asrullah/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Musyawarah Besar (Musber) Kerukunan Rasai Togale Buton Obi Halmahera Selatan bakal digelar. Rencana tersebut menyusul adanya rapat pertemuan yang dilakukan para tokoh Buton Obi dan Togale pada Senin (4/3/2024) di penginapan Permata Bacan, Bacan Selatan.

Hadir dalam rapat tersebut, mantan Sekda Halmahera Selatan (Halsel) Maslan Hi. Hasan, Noce Totononu, Jefry Daeng, Iksan Subur, Yunus Najar, Budiman, Ongen, Etos Ladjame, serta Yohanes Coling yang merupakan tokoh dari Buton dan Togale.

Selaku penggagas, Maslan Hi. Hasan menyebut pembentukan organisasi kerukunan Rasai mempunyai peran penting bagi dua suku yang ada di pulau Obi tersebut.

“Rasai ini penting untuk anak cucu kita ke depan. Agar generasi kita tetap mengingat kata Rasai sebagai suatu bukti ikatan yang sangat kuat antara Togale dan Buton,” ucap Maslan.

Tak sungkan tokoh Obi ini mendefinisikan Rasai, nama kerukunan yang dipeloporinya. Menurut Maslan, kata Rasai menunjukan ikatan persaudaraan yang sangat kuat antar suku Togale dan suku Buton sedari dahulu. Bahkan, Maslan menyebut Rasai saat lampau ditandai dengan darah. Sehingga ikatan tersebut melebihi ikatan saudara Kandung.

Diketahui dalam rapat tersebut telah ditetapkan tim 8 yang bertugas mempersiapkan penyelenggaraan Musber Rasai tersebut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rapat perencanaan Rasai Togale Buton pulau obi halmahera selatan tim 8 Mubes