Menjelajah Alam Indonesia Siap Terjang Medan Ekstrem Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

14 September 2023 21:47 14 Sep 2023 21:47

Thumbnail Menjelajah Alam Indonesia Siap Terjang Medan Ekstrem Jember Watermark Ketik
Gala Dinner Menjelajah Alam Indonesia 2023 di Pendopo Wahyawibawagraha, Jember dihadiri oleh Ketua Pengcab IOF Surabaya, Kamis (14/9/2023) (Foto: Main Jember 2023)

KETIK, JEMBER – Peserta Menjelajah Alam Indonesia menggelar Gala Dinner bersama Forkopimda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember di Pendopo Wahyawibawagraha pada Kamis (14/9/2023) malam.

Gala Dinner merupakan kegiatan rama tamah para Komunitas MAIN Jember bersama jajaran OPD Pemkab Jember sekaligus mengenalkan kegiatan offroad serta pembekalan kepada peserta. Rute offroad dari Alun-alun Jember sampai Pantai Cemara Puger. 

Ketua Pengcab Indonesia Offroad Federation (IOF) Surabaya, Sutopo, mengatakan terdapat 77 peserta yang teregistrasi di Extreme Offroad. Dirinya mewanti-wanti agar peserta selalu mengedepankan keselamatan diri. “Kita berangkatnya utuh pulangnya juga begitu,” paparnya.

Main Jember tidak hanya eksplorasi wisata alam saja, namun juga ada kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian sesuai dengan moto IOF. “Ada juga kegiatan penanaman pohon, dan diakhiri dengan baksos di daerah yang kita lewati nanti. Sesuai dengan moto IOF, Community for Humanity,” ungkap Sutopo.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Jember, Hadi Sasmito, menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian edukasi bagi masyarakat Jember untuk mencoba olahraga ekstrim otomotif.
“Bisa menumbuhkan pecinta baru di offroader, sehingga tidak menjadi eksklusif jadi semua segmen bisa masuk,” paparnya.

Dipilihnya Jember sebagai lokasi offroad, dinilai sangat tepat. “Alam Jember ini luar biasa, daerah selatan memiliki banyak jalur yang bisa dijadikan medan offroad. Lebih ekstrem
lagi jika bisa menyusuri Kali Jompo menuju Lereng Argopuro,” terang Hadi.

Hadi menegaskan bahwa Pemkab Jember siap menerima kegiatan lanjutan lain dari menjelajah alam ini. Karena menurutnya, pelaksanaan yang hanya beberapa hari ini dianggap belum memuaskan.

Dirinya berharap Main Jember dapat dilaksanakan lebih lama sampai sepekan. “Dengan begitu, bisa mencoba rute lain yang lebih menantang. Kami tunggu ya kegiatan lainnya,” pungkas Hadi.(*)

Tombol Google News

Tags:

MAIN Jember Indonesia Offroad Federation Jember Menjelajah Alam Indonesia Wisata Alam otomotif