Menikmati Indahnya Lembayung Senja di Pantai Kali Uluh Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

9 Agustus 2023 13:00 9 Agt 2023 13:00

Thumbnail Menikmati Indahnya Lembayung Senja di Pantai Kali Uluh Pacitan Watermark Ketik
Suasana senja di Pantai Kali Uluh Pacitan, memukau pandangan mata. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Menyenangkan diri jelang senja sering dilakukan sebagian orang untuk mengurangi ketegangan usai beraktivitas seharian. Bagi mereka yang suka dengan keindahan alam, sering memilih waktu sore hari untuk menyaksikan senja Lembayung atau saat langit berwarna oranye keemasan saat matahari terbenam.

Nah bagi anda yang menyukai hal itu, wisata Pantai Kali Uluh merupakan lokasi yang paling tepat. 

Objek wisata yang berada di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan Jawa Timur ini banyak didatangi pengunjung menjelang senja. Mereka ingin merasakan embusan angin segar, tanpa polusi udara, dan melihat pesona pantai yang asri.

Penamaan wisata Kali Uluh, konon salah satunya karena dulu banyak tanaman bambu tumbuh (uluh atau pring) subur di dua muara sungai sepanjang arah menuju lokasi tersebut. Namun kini telah berubah maksud menjadi sebutan pantai yang memukau para wisatawan dengan menyajikan pemandangan menakjubkan.

Foto Lembayung senja yang menjadi incaran para wisatawan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Lembayung senja yang menjadi incaran para wisatawan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Ada beragam fasilitas di sana, mulai dari musala, toilet, tempat berteduh serta Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bagi pengunjung yang berminat membeli ikan dan tertarik menengok hasil laut warga. Wisatawan juga bisa melihat keindahan Embung Dorodenayu.

Salah satu pengunjung, Dappa asal Kecamatan Kebonagung mengatakan bahwa pantai ini sudah tidak asing baginya, bahkan menjadi tujuan wajib ketika suntuk datang. 

"Alhamdulillah sampai saat ini masih gratis masuknya. Seringnya ke sini setiap akhir pekan bareng teman. Beberapa anak-anak sih ingin melihat matahari terbenam, nyebutnya nyore gitu," terangnya, Selasa (8/8/2023). 

Sopyan, pengunjung asal Kecamatan Pacitan mengaku takjub dengan keindahan pantainya, apalagi ketenangan suasana di sana membuat hati yang gundah menjadi tentram. Meskipun ini merupakan kunjungan pertama kalinya.

“Lokasinya bikin hati tenang. Kalau dari area kota sekitar 20 menit, sinyal internet terjangkau, warung kopi juga ada. Ditambah keindahan langit, nikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menyejukkan, bikin betah pokoknya,” ucapnya. 

Tak mau meninggalkan momen indah, Sopyan tengah menunggu datangnya senja untuk berswafoto. "Nanti pulangnya pas sudah mulai gelap, sekarang mau foto-foto dulu. Kan keren sekali," pungkasnya. 

Dari pantauan ketik.co.id, akses jalan menuju Bukit Serut sudah bagus, tinggal 500 meter yang belum diperbaiki. Sebagai informasi, Pantai Kali Uluh ini bergandengan dengan Bukit Teletubbies. Bagi wisatawan yang berkeinginan memandang keelokan pantai dari ketinggian juga bisa mampir ke lokasi tersebut.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemkab pacitan Pemdes Klesem Pantai Kali Uluh Bukit Teletubbies pacitan