Menhan Prabowo Berangkatkan Kapal RS TNI untuk Bantuan Kemanusiaan di Palestina

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Mustopa

18 Januari 2024 09:50 18 Jan 2024 09:50

Thumbnail Menhan Prabowo Berangkatkan Kapal RS TNI untuk Bantuan Kemanusiaan di Palestina Watermark Ketik
Menhan Prabowo Subianto menyalami para prajurit TNI AL yang akan bertugas dalam misi kemanusiaan KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 untuk membantu rakyat Gaza. (Puspen TNI)

KETIK, JAKARTA – Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Gaza, Palestina yang tengah hancur akibat bombardir pasukan Israel.

Bantuan dikirimkan melalui kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 yang dilepas oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali. Kapal milik TNI AL itu dilepas dari Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Kamis (18/1), dalam rangka pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 akan melaksanakan pelayaran Muhibah/Port Visit ke Mesir. Mewakili pemerintah Indonesia, Prabowo menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh Satuan Tugas (Satgas) Kemanusiaan yang akan berangkat melaksanakan pelayaran Muhibah/Port Visit ke Mesir, khususnya di wilayah Gaza yang tengah mengalami musibah besar.

Menhan Prabowo dalam sambutannya juga meminta agar para prajurit TNI Angkatan Laut yang berada di KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992  untuk menjaga kewaspadan dan solidaritas dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini.

“Saya yakin dan percaya, Komandan Satgas dan Komandan Kapal akan memimpin saudara-saudara dengan sebaik-baiknya. Tingkat latihan, disiplin, dan semangat saudara-saudara akan membawa kesuksesan dalam menyelesaikan tugas ini,” ujar Prabowo.

Foto Menhan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan dalam pelepasan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang akan berangkat memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Gaza melalui perbatasan Mesir. (Foto: Humas Kemenhan)Menhan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan dalam pelepasan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang akan berangkat memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Gaza melalui perbatasan Mesir. (Foto: Humas Kemenhan)

Prabowo menyampaikan keprihatinan bangsa Indonesia terhadap penderitaan besar yang dialami oleh rakyat Gaza akibat serangan yang di luar batas kemanusiaan dan tanpa memperhatikan hukum internasional.

"Saya menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada saudara-saudara. Saudara-saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya, dan meskipun kita bukan negara yang terlibat dalam perang, kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita di Palestina,” ujar mantan Danjen Kopassus ini.

Prabowo mendoakan agar KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dan seluruh awak kapalnya diberi keselamatan hingga kembali ke Tanah Air. Ia juga meminta agar seluruh prajurit menjaga nama baik bangsa.

“Ingat saudara mewakili seluruh bangsa Indonesia. Jaga kehormatan bangsa Indonesia. Jaga kehormatan TNI, jaga kehormatan Angkatan Laut yang kita banggakan dan dicintai seluruh rakyat Indonesia,” sambung Prabowo. 

Pelayaran KRI dr. Radjiman nantinya akan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arisi – Jeddah Batam dan kembali lagi ke Jakarta. Total waktu dari pelayaran ini hingga kembali ke tanah air ditargetkan akan mencapai waktu sekitar 52 hari perjalanan.

Foto Sejumlah influencer antusias berfoto bersama dengan Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Humas Kemenhan)Sejumlah influencer antusias berfoto bersama dengan Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Humas Kemenhan)

Sedangkan bantuan kemanusiaan yang diberikan berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan lain sebagainya.

Selain para pejabat Mabes TNI dan Kemenhan, pelepasan KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 juga diikuti sejumlah artis dan selebgram. Seperti Atta Halilintar, Rizky Billar, Lesti Kejora dan sebagainya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Menhan Prabowo Subianto Bantuan kemanusiaan Palestina gaza Rumah Sakit TNI AL