Mengharukan, Buruh Pelabuhan di Halsel Patungan Biayai Pengobatan Anak Buruh Penderita Pembengkakan Limpa

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

5 November 2023 01:59 5 Nov 2023 01:59

Thumbnail Mengharukan, Buruh Pelabuhan di Halsel Patungan Biayai Pengobatan Anak Buruh Penderita Pembengkakan Limpa Watermark Ketik
Sahman, ayah Akila (tengah, jaket hitam) jongkok saat di pelabuhan membantu teman-teman buruh mengumpulkan donasi. (Foto: Mursal Bahtiar/ Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Aksi kemanusiaan digalang oleh para buruh di Pelabuhan Kapal Laut Kupal yang ada di Desa Kupal, Kecamatan Bacan Selatan, Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. 

Mereka mengumpulkan donasi untuk membantu membiayai pengobatan adik Akila (4), penderita splenomegali atau pembengkakan limpa. 

Akila sementara ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Halmahera Selatan.

Donasi para buruh untuk adik Akila, didapat dari patungan yang dilakukan oleh seluruh buruh yang ada di Pelabuhan Kupal.

Di ketahui, adik akila adalah anak kedua dari pasangan Sahman dan Karmila, yang akan di rujuk ke Rumah Sakit di Manado Sulawesi Utara akibat penyakit yang di derita.

Foto Adik Akila semnatara di rawat di RSUD Labuha (Foto Widiyanto Rasay)Adik Akila semnatara di rawat di RSUD Labuha (Foto Widiyanto Rasay)

Sahman, ayah Akila merupakan salah satu buruh di Pelabuhan Kupal. Kepada wartawan media online nasional Ketik.co.id, Sahman mengungkapkan rasa terima kasihnya atas niat baik seluruh teman-temannya yang ada pelabuhan.

"Keluarga tentunya sangat membantu. Syukur Alhamdulillah ada bantuan dari teman-teman untuk anak saya," kata Sahaman dengan wajah terharu pada Minggu, (5/11/2023) di sela-sela pekerjaannya di Pelabuhan.

Meski tak seberapa, Ikram Ahmad salah satu buruh mengungkapkan, donasi tersebut sebagai bentuk solidaritas antar sesama buruh. 

"Mungkin barangkali tak seberapa. Ini sebagai bukti solidaritas kami kaum buruh dalam bahu-membahu membantu meringankan cobaan hidup yang dialami teman kami," tutur Ikram.

Ikram berharap, pihak lain juga dapat ikut dalam membantu meringankan biaya pengobatan adik akila.

"Donasi ini semoga bernilai ibadah. Kami berharap, selain kami akan ada bantuan yang lebih besar untuk adik Akila," pungkas Ikaram. (*)

Tombol Google News

Tags:

Buruh pelabuhan Kupal Donasi untuk Akila penderita splenomegali Solidaritas Buruh halmahera selatan Pembengkakan limpa