Mengenal Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang Dikunjungi Prabowo

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

2 Januari 2024 04:51 2 Jan 2024 04:51

Thumbnail Mengenal Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang Dikunjungi Prabowo Watermark Ketik
Prabowo Subianto di Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo (2/1/2024) (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dijawalkan mengunjungi Jawa Timur lebih tepatnya ke Probolinggo.

Kunjungan ini bertepatan dengan Haul KH M Damanhuri Romly di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Selasa (2/1/2024).

"Pak Prabowo hadir di Probolinggo dalam rangka menghadiri Haul KH M Damanhuri Romly," kata Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (2/1/2023).

Berdasarkan Kalender Hijriyah, ini merupakan haul ke-23. Mengingat, Kiai Damanhuri yang dikenal sebagai ulama tawadlu’ dan penyabar tersebut wafat pada 18 Jumadil Ula 1422 Hijriyah atau bertepatan dengan 8 Agustus 2001 dalam Kalender Masehi.

Sebagaimana diketahui Kiai Damanhuri sebelumnya merupakan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dan pernah menjadi Sekretaris Yayasan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan.

Kiai Damahuri merupakan putra KH Tamim Irsyad, pendiri sekaligus Pengasuh Ponpes Darul Ulum Jombang, serta putra menantu KH Hasan Saifouridzal, Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong.

Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong yang berdiri sekitar tahun 1839 tersebut kini diasuh KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah. Kiai Mutawakkil juga merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan tersebut sekaligus menjadi agenda pertama Prabowo di Jawa Timur pada 2024 ini.  Selepas dari Probolinggo, Prabowo dijadwalkan melanjutkan agenda di luar Jawa Timur. (*)

Tombol Google News

Tags:

Prabowo-gibran Prabowo Prabowo Gemoy TKD Jatim Gerindra Partai Gerindra Jawa timur pemilu2024 pilpres2024