Menengok Papan Seluncuran Kolam Renang Selecta yang Hampir Berumur Seabad

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

11 Oktober 2023 08:18 11 Okt 2023 08:18

Thumbnail Menengok Papan Seluncuran Kolam Renang Selecta yang Hampir Berumur Seabad Watermark Ketik
Pengunjung sedang menikmati prosotan di Kolam Renang Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Sholeh/ ketik.co.id)

KETIK, BATU – Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu memang menyimpan banyak sejarah. Taman rekreasi yang dibangun Belanda pada 1928 tersebut menjadi tempat wisata favorit waktu itu. 

Tak heran, semua bangunan di sana punya gaya arsitektur klasik khas Belanda yang saat masih dijaga keasliannya oleh pengelola Taman Rekreasi Selecta. Salah satunya adalah papan seluncuran atau perosotan di kolam renang wisata yang berada di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu itu.

Papan perosotan tersebut dibangun sejak 1930 atau kini sudah berusia 92 tahun.Perosotan yang terbuat dari kayu ulin itu memiliki tinggi 15 meter dan panjang papan seluncur 30 meter. Karena berbahan kayu ulin, perosotan ini kuat dan lentur serta aman bagi pengunjung.

”Konstruksinya masih kuat. Yang kita ganti hanya papan aluminiumnya saja. Itu kita ganti tiga tahun sekali,” kata Direktur Utama Selecta, Sujud Hariadi seperti dilansir dari Tugumalang.com, Rabu (11/10/2023).

Menurut Sujud, pihaknya sengaja mempertahankan keaslian papan perosotan tersebut. Seperti kerangka besi pada bangunan perosotan masih bertahan seperti gambar desain awalnya. Pihak Selecta rutin melakukan perawatan agar perosotan tetap aman digunakan pengunjung.

”Saya kira lebih indah dipertahankan seperti itu dan akan menjadi daya tarik tersendiri. Saya kira ini hanya satu-satunya, tidak ada di tempat lain,” ujarnya.

Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu Jawa Timur merupakan tempat wisata yang sudah ada sejak zaman Belanda. Taman rekreasi Selecta sampai saat ini masih menjadi favorit wisatawan.

Dikutip dari berbagai sumber, Taman rekreasi Selecta dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda dari tahun 1920 selesai pada tahun pada 1928. 

Nama Selecta berasal dari bahasa Belanda, yaitu “Selectie”, yang berarti pilihan. Karena Selecta pada zaman dahulu memang menjadi tempat pilihan bagi warga Belanda untuk berlibur.

Taman Rekreasi berluas 18 hektar tersebut memiliki pemandangan alam yang indah yang dipadu dengan hawa sejuk khas Gunung Arjuno. Selain itu, Selecta memiliki beberapa fasilitas untuk pengunjung. Diantaranya fasilitas yang dipertahankan sejak zaman Belanda.

Selain kolam renang, taman bunga dan wahana bermain, Selecta juga memiliki vila Bimasakti yang juga sangat bersejarah. Vila yang dulunya bernama Villa De Brandarice pernah menjadi tempat beristitrahat Presiden pertama RI, Soekarno. Bahkan Bung Karno meninggalkan catatan terkait kesannya waktu mengunjungi Selecta.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Taman Rekreasi Selecta Papan Seluncuran