Membanggakan, Desa Senggreng Kabupaten Malang Raih Juara 1 Tingkat Nasional

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

27 Juni 2024 19:43 27 Jun 2024 19:43

Thumbnail Membanggakan, Desa Senggreng Kabupaten Malang Raih Juara 1 Tingkat Nasional Watermark Ketik
Kades Senggreng Rendyta Witrayani Setiawan menerima penghargaan dari Kepala BKKBN Hasto Wardoyo. (Foto : dok Desa Senggreng)

KETIK, MALANG – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Kabupaten Malang. Kali ini, prestasi tersebut didapat melalui Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung.

Dalam hal ini, Kampung KB Jaya Manunggal Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung menjadi Juara 1 Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik Tingkat Nasional 2024. 

Penghargaan ini diserahkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024).

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat yang meliputi Direktorat Analisis Dampak Kependudukan BKKBN, Sekretariat Kabinet, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Kementerian Dalam Negeri. 

Bahkan, pada ajang tersebut Desa Senggreng berhasil mendapatkan juara pertama pada regional satu sebagai kampung keluarga berkualitas tingkat kabupaten. Lalu diikuti oleh Desa Kalimendong Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo dan Desa Jawi Jawi Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. 

Sedangkan di Regional 2, juara pertama yakni Desa Munte Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan, juara kedua Desa Puuroda Kecamatan Baulan Kabupaten Kolaka dan juara ketiga Desa Pitue Kecamatan Marang Kabupaten Pangkajene Kepulauan. 

Kepala Desa Senggreng Rendyta Witrayani Setiawan mengatakan, penghargaan ini menjadi satu hal yang dibanggakan. Sebab, prestasi ini menunjukan bahwa program yang dilakukan Pemdes Senggreng untuk menciptakan lingkungan keluarga berkualitas benar-benar berjalan. 

"Setidaknya ini kan menunjukan bahwa program kami bukan hanya dibentuk saat ada gelaran ini saja. Karena tentu penilaian yang dilakukan tidak hanya dalam satu kali waktu saja," ujar Rendyta melalui keterangan tertulisnya.

Tentunya kata ia, prestasi tersebut tidak membuatnya berpuas diri. Sebab, ia menilai program yang sudah dirancang tentu harus terus digulirkan secara berkelanjutan untuk mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

"Untuk mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045, tentu dibutuhkan semua pihak. Tidak terkecuali dari lingkungan Pemerintah Senggreng sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah di lingkungan tingkat desa," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Desa Senggreng Kabupaten Malang Juara 1 Tingkat Nasional BKKBN