Maling Kotak Amal Beraksi di 2 Masjid Jember, Terekam CCTV

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

30 Agustus 2023 09:07 30 Agt 2023 09:07

Thumbnail Maling Kotak Amal Beraksi di 2 Masjid Jember, Terekam CCTV Watermark Ketik
Terlihat seorang pria (kanan) membawa kabur kotak amal di Masjid Nurul Islam, Antirogo, Jember (Foto: Tangkapan layar rekaman cctv)

KETIK, JEMBER – Aksi pencurian kotak amal masjid kembali terjadi di Jember, Jawa Timur. Kali ini menimpa Masjid Nurul Islam, Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari. Pelaku terbilang nekat karena melakukan aksinya pada siang bolong. 

Peristiwa yang terjadi di masjid yang berdekatan dengan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember itu, terekam kamera pengawas atau CCTV.

Tampak seorang pria berjaket krem celana hitam yang diduga maling kotak amal di Masjid Nurul Islam, terekam cctv. Aksi nekat tersebut terjadi pada Senin (28/8/2023) sekitar pukul 10 siang.

Dalam rekaman cctv yang berdurasi sekitar 3 menit itu, memperlihatkan pria tersebut mondar-mandir dan kemudian membawa lari kotak amal ke bagian belakang masjid yang tidak terlihat cctv. 

Rizqon, salah satu warga yang tinggal di sekitar masjid, mengatakan bahwa pria itu melancarkan aksinya saat masjid sedang sepi.

"Biasanya ada anak remas (remaja masjid) tapi waktu itu mungkin gak ada, dan takmir masjid yang biasanya jaga juga gak ada," katanya pada Rabu (30/8/2023) siang.

Foto Wafi, warga sekitar Masjid Al Hidayah, Antirogo, Jember memperlihatkan kotak amal yang dirusak maling, Rabu (30/8/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)Wafi, warga sekitar Masjid Al Hidayah, Antirogo, Jember memperlihatkan kotak amal yang dirusak maling, Rabu (30/8/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

Sementara, hal yang sama terjadi pada satu masjid yang letaknya tidak jauh dari Masjid Nurul Islam dan masih di Kelurahan Antirogo.

Di hari yang sama dan waktu yang berdekatan, uang di kotak amal Masjid Al Hidayah juga dicuri. Menurut pengakuan jamaah, sehabis waktu sholat dhuhur, ada pria tidak dikenal duduk-duduk di dekat kotak amal dengan ciri-ciri mirip di rekaman cctv yang ada. 

Warga sebelah masjid Al Hidayah, Wafi, mengatakan kotak amal dibobol dengan cara dipecahkan di bagian samping kiri. Untuk mengelabui kotak amal yang pecah, ditutupi dengan sajadah. 

"Baru ketahuan sama anak-anak yang mengaji saat sore hari," jelas Wafi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Maling kotak amal terekam cctv Antirogo Jember Masjid Nurul Islam Masjid Nurul Hidayah