Luna Syarafina, Winner Miss Hijab Jatim 2023 Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

1 Desember 2023 10:52 1 Des 2023 10:52

Thumbnail Luna Syarafina, Winner Miss Hijab Jatim 2023 Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi Watermark Ketik
Luna Syarafina, Winner Miss Hijab Jatim 2023 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, SIDOARJO – Winner Miss Hijab Jatim 2023, Luna Syarafina, akrab dengan panggilan Luna, mengajak masyarakat luas khususnya generasi muda untuk terus meningkatkan literasi atau minat baca dalam kehidupan sehari-hari.

"Advokasi yang saya jalankan dinamakan dengan Salur Pirsa, di mana berfokus pada literasi yang diambil dari kata ‘menyalurkan’ dan ’pirsa’ yang artinya pikiran dengan maksud terciptanya platform yang bisa menyalurkan pikiran dan menyodorkan tangan untuk saling membantu, memotivasi, dan menginspirasi dalam upaya mencapai tujuan tersebut," kata Luna kepada media online nasional Ketik.co.id, Jumat (01/12/2023).

Dalam Salur Pirsa ini, ia menyampaikan, memiliki dua program yaitu 'Salur Buku' di mana kegiatannya berbagi buku gratis sekaligus sosialisasi akan pentingnya literasi dan menerangkan beberapa isi dari buku atau story telling sehingga diharapkan menarik minat generasi muda untuk membudayakan literasi.

"Dalam kegiatan ini juga ada open donasi baik berupa buku maupun uang yang akan dirupakan buku, sehingga semua orang bisa berkontribusi dalam upaya ini. Kedua adalah 'Beropini Bersama Salur Pirsa' yaitu kegiatan digital yang bisa diakses di platform Instagram, yang dalam kegiatannya menyediakan link untuk menampung berbagai opini yang masuk mengenai suatu bacaan dan di share, sehingga diharapkan bisa menambah referensi khalayak umum yang hendak mencari bacaan sesuai minat dan selera mereka," ungkapnya.

Dirinya menggaungkan Salur Pirsa dengan alasan ia melihat di lingkungannya sebagai seorang pelajar banyak teman-teman yang menunjukkan budaya literasi sangat rendah dan berdampak buruk pada hasil pekerjaan mereka. Selain itu Indonesia sendiri adalah negara dengan presentase minat literasi yang rendah. 

Foto Luna Syarafina, Winner Miss Hijab Jatim 2023  malakukan advokasi literasi (Foto: dok. pribadi)Luna Syarafina, Winner Miss Hijab Jatim 2023 malakukan advokasi literasi (Foto: dok. pribadi)

Ia menerangkan, menurut data dari UNESCO presentasenya hanya 0,001%, artinya dari 1000 orang hanya 1 orang yang rajin membaca, padahal dengan literasi kita bisa memperbanyak pembendaharaan kosa kata yang dapat mendorong kemampuan berinteraksi dan meningkatkan kualitas diri. 

"Literasi juga menambah pengetahuan yang bisa digunakan sebagai self-defense dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi perempuan karena adanya opini bahwa perempuan lebih rendah dan di anggap kurang mampu dalam mengerjakan berbagai bidang di bandingkan laki-laki," bebernya.

Gadis cantik yang kini duduk dibangku SMA Negeri 4 Sidoarjo menyatakan, bahwa advokasi yang dijalankannya disambut dengan respon yang baik, di mana dari kegiatan digital Instagram banyak sekali komentar positif dan kebanyakan ingin tahu tentang bacaan-bacaan yang diposting dimana hal ini menunjukkan excitment yang tinggi.

Selain itu ujar Luna, dari kegiatannya juga membuat masyarakat khususnya generasi muda menjadi semakin percaya diri dengan hobinya untuk membaca karena ternyata banyak sekali anak muda yang sebenarnya suka membaca.

"Hanya saja karena lingkungannya tidak mendukung hobi tersebut jadi terindahkan, banyak sekali remaja yang mengikuti kegiatan salur buku menjadi semangat karena mengetahui bahwa banyak teman-teman yang juga menyukai membaca, hal ini ditunjukkan dari link yang diisi oleh mereka," ucap Luna yang hobi menyanyi, menulis, dan membaca novel. 

Menjadi Miss Hijab Jawa Timur 2023 di usianya yang ke-17 tahun adalah sebagai bukti untuk menentang stereotip bahwa hijab adalah penghalang serta membuktikan bahwa usia muda bukanlah alasan untuk menjadi takut, justru sebagai kesempatan baik untuk memulai hal-hal positif lebih awal dengan membuka jalan kalian sendiri untuk terus berkembang dan berkarya. 

"Pemuda adalah generasi emas yang memiliki banyak kesempatan luar biasa, Selalu peduli kepada dirimu dengan meningkatkan kualitas diri. Jangan biarkan hal buruk menguasaimu, bergerak, berkarya, menginspirasi, karena kalau bukan kita, siapa lagi? Let's care about self-quality trought literacy. Salam Literasi!," terangnya.

Sementara itu, salah satu orang yang pernah ikut kegiatan Salur Buku bernama Yusiana merasa bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi pribadi, teman, dan masyarakat luas.

"Di mana masih ada pemuda yang peduli akan kegiatan baca buku yang mana pada saat ini sudah banyak berkurang yang diakibatkan oleh teknologi canggih seperti HP, sudah hampir mayoritas penduduk memiliki telepon pribadi," tandas Dia.

Sebagai informasi, prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Luna, yaitu:
1. Juara 1 pada lomba pentas seni (menyanyi) Jambore Pemuda 2019.
2. Sebelas besar Lomba Cipta Puisi Nasional
3. Juara 1 lomba cipta puisi FLS2N tingkat Kabupaten Sidoarjo 2023
4. Duta Pelajar Rabbani Nasional 2020/2021
5. Juara 1 Umum Putri Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Sidoarjo tahun 2022
6. Winner Miss Hijab Jawa Timur 2023
7. Duta Hijab Indonesia 2023

Adapun pengalaman yang pernah diikutinya, yaitu:
1. Aktif di organisasi kepemudaan dan OSIS pada 2021-2022
2. Forum Komunikasi Yuk Muslimah Sidoarjo, dan Youth Forum Kabupaten Sidoarjo. (*)

Tombol Google News

Tags:

Luna Syarafina Winner Miss Hijab Jatim 2023 advokasi Cantik literasi