Lima Desa Wisata di Kota Batu Masuk Nominasi ADWI 2024

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

22 Mei 2024 13:55 22 Mei 2024 13:55

Thumbnail Lima Desa Wisata di Kota Batu Masuk Nominasi ADWI 2024 Watermark Ketik
Kampung Sakura Desa Sidomulyo wisata Tematik yang masuk 500 besar ADWI 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sebanyak 5 desa wisata di Kota Batu berhasil masuk 500 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024. Ajang ini digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia. 

Pada Ajang ADWI Tahun 2024 yang diikuti 6.016 desa se-Indonesia, Kota Batu mendaftarkan 8 desa wisata namun yang berhasil masuk dalam 500 besar hanya 5 desa wisata.

Kelimanya adalah Desa Punten dengan Wisata Tematik Agribisnis Jeruk Keprok Punten, Desa Sidomulyo dengan Wisata Tematik Ekonomi Kreatif Edukasi Kokedama dan Wisata Tematik Budaya Sakura.

Sementara Desa Tulungrejo dengan Wisata Tematik Agribisnis Petani Agriraya Tulungrejo, Desa Torongrejo dengan Wisata Tematik Agribisnis Saung Tani, dan Desa Pandanrejo dengan Wisata Tematik Agribisnis Strawberry.

"Kelimanya mampu bersaing dengan 6.010 desa wisata peserta ADWI tahun ini," kata Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Rabu (22/5/2024).

Aries sangat mengapresiasi prestasi tersebut. Ia berharap 5 desa wisata tersebut nantinya bisa masuk dalam 50 besar. Meskipun, telah berhasil masuk 500 besar ADWI 2024, Kota Batu akan terus berupaya meningkatkan pengelolaan dan mempromosikan potensi desa wisata di Kota Batu, agar lebih dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan.

"Kita sangat mengapresiasi capaian ini. Dari 8 desa wisata yang kita daftarkan, 5 desa wisata lolos di 500 besar. Mudah-mudahan akan masuk ke 50 besar nantinya," ujarnya.

ADWI 2024 imengambil tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia”. Dengan mengusung tema ini, ada beberapa kategori penilaian yang harus dipenuhi oleh seluruh peserta. Yaitu daya tarik, Amenitas (standar CHSE), digital, kelembagaan dan SDM, serta resiliensi (pengelolaan berkelanjutan). 

"Pemerintah Kota Batu terus berupaya meningkatkan pengelolaan dan mempromosikan potensi desa wisata yang ada, agar lebih dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan," tegas Aries. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu ADWI 2024 Kampung Sakura Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif