Lestarikan Lingkungan, DLH Situbondo Gelar Tukar Botol Plastik dengan Bibit Pohon

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Gumilang

9 Juni 2024 03:30 9 Jun 2024 03:30

Thumbnail Lestarikan Lingkungan, DLH Situbondo Gelar Tukar Botol Plastik dengan Bibit Pohon Watermark Ketik
Kepala DLH Situbondo saat menyerahkan kompos kepada masyarakat yang menukar 5 botol plastik bekas, Minggu (09/06/2024) (Foto : Heru Hartanto / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – DLH Situbondo memiliki cara kreatif dalam mengajak masyarakat melestarikan lingkungan. Yakni dengan menggelar kegiatan tukar botol plastik bekas dengan bibit pohon saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, Minggu (09/06/2024).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Situbondo Peduli Bumi, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, Paiton Energi, POMI, PT Nusantara Sebelas Medika, Alfamart, Indomart dan IP Freedom.

Kegiatan yang berlangsung di timur area Car Free Day tersebut, mengajak masyarakat Kabupaten Situbondo untuk menanam pohon dan mengurangi pencemaran lingkungan oleh sampah plastik.

Keterangan yang disampaikan Ahkmad Yulianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo mengatakan, kegiatan penukaran lima botol plastik bekas dengan satu bibit pohon atau lima kilogram pupuk kompos ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya mengajak masyarakat untuk giat menanam pohon.

“Kegiatan yang masih dalam satu rangkaian peringatan hari lingkungan hidup se-Dunia yang dilaksanaka oleh DLH Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan alat-alat berbahan plastik sekali pakai,” jelas Yulianto.

DLH Kabupaten Situbondo, sambung Yulianto, menyediakan 6 jenis bibit pohon dengan jumlah total 1000 bibit pohon dan 650 kantong pupuk kompos berisi 5 kilogram.

“Terdapat 6 jenis bibit pohon, 3 diantaranya bibit pohon Nangka, Alpukat dan Sirsak,” ujarnya. Jika masyarakat ingin mendapatkan bibit tersebut, lanjut Yulianto, harus menukar lima botol plastik bekas dengan satu bibit pohon.

“Masyarakat bebas memilih Bibit Pohon Sirsak, Nangka, Alpukat, Pohon Tabebuya, Trembesi serta Sengon," kata Kepala DLH Situbondo.

Tidak hanya itu yang disampaikan Yulianto, namun dia juga mengajak masyarakat Kabupaten Situbondo untuk terus menjaga kelestarian lingkungan dengan cara tidak menggunakan plastik sekali pakai.

"Mari menjaga lingkungan hidup kita dengan bersedekah oksigen. Hindari pemakaian sampah plastik. Karena pemakaian sampah plastik sedotan di Indonesia peringkat ke satu di Dunia," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Yulianto, mari bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan cara menanam jenis-jenis pohon agar warisanan dari penanaman pohon ini bisa dirasakan manfaatnya untuk anak dan cucu.

“Mari kita jaga kelestarian lingkungan hidup ini dengan cara memperbanyak menanam pepohonan dan mengurangi pemakai sampah plastik. Dengan menanam satu batang pohon, maka kita sudah sedekah oksigen untuk kehidupan manusia dan anak serta cucu kita di masa mendatang,” tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

DLH Situbondo Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup Dengan Cara Tukar Botol Plastik Dengan Bibit Pohon Situbondo Berita Situbondo Hari Ini Situbondo Terkini