Lakukan Tips Berikut Agar Tubuh Tetap Ideal Setelah Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moch Khaesar

25 April 2023 02:00 25 Apr 2023 02:00

Thumbnail Lakukan Tips Berikut Agar Tubuh Tetap Ideal Setelah Lebaran Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Ketut Subiyanto/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Moment perayaan Idul Fitri adalah saat yang menyenangkan dimana keluarga dan saudara berkumpul dalam suasana hangat setelah satu bulan menjalani Ibadah Puasa.

Pada moment ini kita pasti disuguhkan berbagai makanan yang menggugah selera. Hal tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Banyak orang yang akhirnya kalap mengkonsumsi berbagai hidangan yang berujung kenaikan berat badan.

Lantas jika demikian, bagaimana cara menjaga berat badan agar tetap stabil? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Meski terdengar sepele, nyatanya sarapan sebelum Anda mulai beraktivitas bisa memberikan tubuh asupan nutrisi penting sekaligus mencegah rasa lapar berlebih yang bisa membuat Anda ingin terus ngemil.

Oleh karenanya, pastikan Anda selalu sarapan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke rumah saudara untuk lebaran. 

Usahakan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori yang dapat memberikan anda rasa kenyang lebih lama.

2. Kendalikan Porsi Makan

Saat lebaran ingin rasanya kita menyantap semua makanan yang disajikan di atas meja. namun cobalah untuk membatasi jumlah atau porsinya guna menghindari asupan kalori berlebih yang berisiko meningkatkan berat badan.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan piring atau mangkuk ukuran kecil guna mengurangi porsi makanan yang diambil. Jangan lupa untuk makan secara perlahan agar sinyal rasa kenyang sampai ke otak.

3. Batasi Asupan Gula

Meskipun lezat dan menggiurkan, namun ada baiknya Anda membatasi asupan makanan tinggi gula tersebut. Sebab, alih-alih membuat Anda kenyang, kandungan gula dalam makanan justru menjadikan Anda cepat lapar dan ingin mengonsumsi lebih banyak hidangan.

4. Perbanyak Asupan Serat

Selain menghindari makanan yang mengandung gula, ada baiknya juga kamu mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Seperti sayuran, kacang kacangan dan roti gandum.

Pasalnya, kandungan serat dalam makanan yang Anda konsumsi diketahui dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda makan berlebih.

5. Perbanyak Konsumsi Buah

Seperti Anda ketahui, buah-buahan juga merupakan salah satu sumber serat terbaik yang bisa Anda konsumsi di hari raya. Daripada mengambil makanan tinggi lemak yang bernilai kurang sehat bagi tubuh.

6. Aktif Melakukam Aktifitas Atau Berolahraga 

Walaupun sedang menjalani libur lebaran bukan alasan untuk bermalas malasan. Usahakan tetap aktif beraktivitas atai berolahraga untuk membakar kalori sisa sisa makanan yang anda konsumsi.

Penting untuk Anda melakukan olahraga setidaknya dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki, yoga, atau pilates selama 15 sampai 30 menit setiap hari.

7. Banyak Minum Air Putih

Anda selalu dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih atau setidaknya 8 gelas dalam sehari. Bukan tanpa alasan, air putih sendiri memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh, fungsi organ, hingga sistem pencernaan Anda.

Tak hanya sekadar memenuhi kebutuhan cairan tubuh ataupun mencegah Anda dari dampak dehidrasi, minum air putih yang cukup juga sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama hingga akhirnya mengendalikan nafsu makan berlebih.(*)

Tombol Google News

Tags:

lebaran Hidangan berat badan Olahraga makanan berserat Gula air putih Pencernaan