Laksanakan Perintah KASAD, Kodim 1509/Labuha Sinergi Lintas Sektor Bersihkan Lingkungan dan Tanam Pohon

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

8 Desember 2023 13:52 8 Des 2023 13:52

Thumbnail Laksanakan Perintah KASAD, Kodim 1509/Labuha Sinergi Lintas Sektor Bersihkan Lingkungan dan Tanam Pohon Watermark Ketik
Anggota Kodim 1509/ Labuha waktu pembersihan Selokan. (Istimewa: Humas Kodim Labuha)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Perintah KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak beberapa waktu lalu, dilaksanakan oleh Kodim 1509/Labuha. Dalam perintah itu, seluruh jajaran komando teritorial (Koter) TNI AD agar membantu masyarakat membersihkan tempat publik serta penanaman pohon dalam rangka mencegah banjir seiring masuknya musim hujan.

Pada Jumat (08/12/2023), Kodim 1509/Labuha dengan menggandeng Pemkab Halmahera Selatan dan berbagai Unsur Masyarakat serta instansi terkait, menggelar karya bakti pembersihan dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut dihelat di Desa Amasing Kota Kompleks Kota Popo, Benteng Bernavel, Dan Lapangan Asombang Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Foto Penanaman Pohon di saksikan langsung Dandim Letkol Kav RomyPenanaman Pohon di saksikan langsung Dandim Letkol Kav Romy. (Istimewa: Humas Kodim Labuha)

Ikut serta dalam kegiatan tersebut, Dandim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Sitompul; Kasdim 1509/Labuha Mayor Inf Pardan; Asisten Bupati Halsel Maslah Hi. Hasan; personil Kodim, personil Kompi A Yonif 732/Banau, dan personil dari Instansi Pemda Halsel serta masyarakat sekitar.

Pada rangkaian kegiatan karya bhakti dilaksanakan beberapa kegiatan seperti pembersihan sampah dan selokan, penanaman pohon. Tak hanya itu, fogging nyamuk juga dilakukan di areal sekolah dan rumah penduduk, sebagaimana dengan Instruksi KASAD, 

"Jumat pagi ini kita akan melaksanakan karya bakti secara serentak, seluruh satuan yang ada di TNI AD. Tidak hanya di Kodim 1509/Labuha tapi juga di Koramil Jajaran Kodim 1509/Labuha. Saya berterima kasih kepada Pemda Halsel, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan dinas terkait lain yang telah hadir di tempat ini untuk melaksanakan karya bakti bersama. Semoga apa yang kita kerjakan pagi ini bisa bermanfaat dan dirasakan bagi masyarakat sekitar," ujar Komandan Kodim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Sitompul. 

Foto Dandim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Sitompul saat memimpin apel Karya Bhakti SerentakDandim 1509/Labuha Letkol Kav Romy Sitompul saat memimpin apel Karya Bhakti Serentak. (Istimewa: Humas Kodim Labuha)

Dandim berharap, kepada seluruh personil laksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga apa yang dikerjakan seperti pembersihan lingkungan dan selokan, serta fogging dapat mencapai target yang di harapkan. 

"Karena kita melaksanakan pembersihan sampah, selokan, penanaman pohon dan fogging nyamuk sebagai bentuk pencegahan dan pemberantasan Penyakit seperti Malaria dan DBD,” ujarnya.

Sinergi lintas sektoral ini diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat, untuk membuat Kabupaten Halmahera Selatan yang bersih.

“Saya harapkan kita bergotong royong bekerja dengan ikhlas, jangan ada yang takut kotor dari sampah selokan dan tidak membuat genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan pencegahan Banjir karena kita masih dihadapkan dengan El-Nino yang membuat cuaca Kemarau yang panjang, dan Musim Penghujan dengan intensitas Tinggi yang bisa menyebabkan Banjir," katanya.

Pada kesempatan tersebut Dandim juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan yang salah satunya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. 

"Lingkungan yang bersih akan mewujudkan lingkungan yang sehat, dan lingkungan yang sehat akan membuat penghuninya juga sehat. Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kodim 1509/Labuha Gelar Karya Bakti Pembersihan Lingkungan Penanaman Pohon Letkol Kav Romy Sitompul halmahera selatan Halsel Labuha Perintah KSAD