Lajur Tambahan Ruas Tol Porong-Sidoarjo Siap Digunakan saat Libur Nataru

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: M. Rifat

26 September 2023 11:40 26 Sep 2023 11:40

Thumbnail Lajur Tambahan Ruas Tol Porong-Sidoarjo Siap Digunakan saat Libur Nataru Watermark Ketik
Alat berat diturunkan dalam pengerjaan ruas tol di atas rel kereta di KM 758+600 tol Surabaya-Gempol. (Foto : Dominikus Hari for Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Untuk mengurangi kepadatan di jalan tol, PT Jasamarga Trans Jawa Tol (JTT) Representative Office (RO) 3 Surabaya-Gempol terus kebut pengerjaan penambahan lajur baru.

Dari sebelumnya dua lajur akan menjadi 3 lajur untuk ruas tol Porong – Sidoarjo jalur B (arah Surabaya). Rencananya lajur ini akan selesai pada akhir tahun dan siap digunakan untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

General Manager Representative Office (RO) 3 Surabaya-Gempol Dominikus Hari Pratama menjelaskan penambahan lajur ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

“Peningkatan kapasitas lajur sepanjang 5,4 km dengan menggunakan bagi luar ruas jalan tol,” jelas Hari, Selasa (26/9/2023).

Secara rinci ia mengatakan peningkatan lajur jalan tol ini dimulai dari KM 757+425 hingga KM 762+854 Jalur B atau jalur dari Porong mengarah ke Surabaya. Pengerjaan sudah dimulai sejak 18 Juli 2023.

Menurut Hari, progres pengerjaan penambahan lajur ini surplus 6,2 persen. Dari target realisasi 19,6 persen, dari data update terakhir tanggal 18 September 2023, realisasi pembangunan sudah mencapai 25,8 persen.

“Selain pengerasan lapisan pondasi atas jalan, saat ini kami juga tengah melakukan pembangunan struktur jembatan yang melintasi rel Kereta Api di KM 758+600,” lanjutnya.

Meski pembangunan penambahan lajur tengah dikebut, namun kendaraan tetap bisa melintas secara normal tanpa adanya penutupan. PT JTT telah mennyiapkan mitigasi resiko dengan melakukan antisipasi dengan berbagai upaya. Mulai dari rekayasa lalu lintas, pemasangan rambu lalu lintas hingga pesan tertulis melalui Variable Message Sign (VMS).

“Kami targetkan untuk fungsional selesai pada libur Nataru tahun ini, sedangkan untuk full operasional targetnya akhir Januari 2024,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

sidoarjo ruas tol sidoarjo Tol Porong Kereta Api Nataru