Kurang dari 24 jam, Kebakaran di Gunung Penanggungan Berhasil Dipadamkan

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Mustopa

3 November 2023 05:21 3 Nov 2023 05:21

Thumbnail Kurang dari 24 jam, Kebakaran di Gunung Penanggungan Berhasil Dipadamkan Watermark Ketik
Seorang petugas gabungan dari unsur masyarakat tengah mencoba memadamkan api yang membakar semak di Gunung Penanggungan. (Foto : Tangkapan layar Info Lantas Mojokerto)

KETIK, SIDOARJO – Kebakaran hutan dan kanan (karhutla) di kawasan Gunung Penanggungan, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, berhasil dipadamkan, Jumat (3/11/2023).

Meski api sempat merambat ke Gunung Sarang Kelapa (anak Gunung Penanggungan), namun dengan cepat petugas pemadam gabungan dapat menjinakkan si jago merah.

Kalaksa BPBD Jawa Timur, Gatot Soebroto melalui siaran tertulisnya menjelaskan bahwa pada jumat pagi, kebakaran yang terjadi sejak kamis siang tinggal menyisakan asap tipis sedangkan api sudah dapat dipadamkan.

“Kondisi api di Gunung Penanggungan (Blok Petak 1), Gunung Sarang Kelapa serta Puncak Bayangan (Anak Gn. Penanggungan) telah berhasil dipadamkan,” jelas Gatot, Jumat (3/11/2023).

Walaupun api sudah dinyatakan padam, namun petugas hingga kini masih terus memantau keadaan. Mereka tetap berjaga-jaga seandainya masih ada titik api yang belum benar-benar padam maupun jika timbul titik api baru.

“Untuk penyebab kebakaran, belum diketahui secara pasti, petugas gabungan masih melakukan penyelidikan,” lanjutnya.

Gatot juga berpesan agar petugas gabungan tetap berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Tetap menjaga keselamatan, terlebih cuasa saat ini di kawasan Gunung Penanggungan terbatas berawan dengan kabut tipis.

Sebenarnya diinformasikan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Gunung Penanggungan. Titik api pertama kali dilaporkan pada Kamis (2/11) sekitar pukul 14.21 WIB.

Dari data awal, kebakaran ini terjadi di lahan seluas kurang lebih 45 hektar yang mencakup di Gunung Penanggungan, Gunung Sarang Kelapa hingga Puncak Bayangan.

Berkat kerjasama yang apik dan kesigapan petugas gabungan dari elemen BPBD, TNI/Polri, LMDH hingga mmasyarakat, kurang dari 24 jam, api dapat dipadamkan. (*)

Tombol Google News

Tags:

sidoarjo Mojokerto kebakaran Gunung Penanggungan Puncak Bayangan LMDH BPBD Jatim TNI Polisi