KPU Kota Malang Pastikan Logistik Pemilu Siap Packing

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

24 Januari 2024 11:00 24 Jan 2024 11:00

Thumbnail KPU Kota Malang Pastikan Logistik Pemilu Siap Packing Watermark Ketik
Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang telah memastikan kesiapan logistik untuk Pemilu 2024. Logistik tersebut telah siap dikemas untuk kemudian didistribusikan. 

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas menjelaskan kesiapan logistik untuk Pemilu 2024 telah melebihi 90 persen. 

"Kemarin kita sampaikan kesiapannya 90 persen karena ada tiga sampul  yang belum terkirim. Itu untuk membungkus surat suara dan itu masuk di kotak suara. Sehingga kita belum bisa packing itu hanya karena menunggu itu. Hari ini sudah 90 persen lebih," ujar Aminah pada Rabu (24/1/2024). 

Aminah menjelaskan bahwa terdapat dua jenis logistik yang harus dilengkapi. Kedua jenis tersebut yakni logistik yang ada di dalam dan di luar kotak suara. Untuk logistik yang berada di dalam kotak suara telah dipastikan siap untuk dipacking. 

"Logistik yang di dalam kota suara insyaallah itu sudah siap packing, sudah lengkap. Tinggal masukan ke kotak suaranya, kemudian nanti kita segel sesuai dengan jumlah masing-masing TPS. Lalu kita bungkus plastik luarnya sehingga aman," terangnya. 

Sementara itu masih ada beberapa logistik di luar kotak suara yang belum datang, seperi Form A daya pemilih. Saat ini KPU Kota Malang masing menunggu proses pengiriman. 

"Tidak ada deadline, H-1 harus ada di TPS dan sudah komplit. Kami upayakan tanggal 6 Februari 2024 maksimal sudah distribusi ke TPS. Untuk yang menerima form tersebut saksi dapat, kemudian anggota KPPS yang manggil itu dapat. Sama yang ditempel di TPS itu kan ada," tambah Aminah. 

Pendistribusian logistik nantinya akan disesuaikan dengan petunjuk teknis yang ada, yakni dari Gudang KPU ditransitkan ke Gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

"Distribusinya sesuai dengan juknis itu dari gudang KPU ditransitkan di gudang PPK. Karena yang tahu daerah pemetakan untuk berapa kelurahan itu biar PPK ikut cek jumlah logistiknya. Kemudian dari PPK ke PPS. PPS ini nanti akan mendistribusikan ke TPS itu," tutup Aminah. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Kota Malang Kota Malang pemilu 2024 pemilu2024 Logistik Pemilu Gudang Logistik Pemilu