KPU Jember Temukan 358 Surat Suara Rusak

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

8 Januari 2024 08:53 8 Jan 2024 08:53

Thumbnail KPU Jember Temukan 358 Surat Suara Rusak Watermark Ketik
Proses lipat-sortir surat suara di gudang KPU Jember (8/1/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Hari keempat pelipatan dan sortir surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, menemukan 358 lembar surat suara Pemilu 2024 dalam kondisi rusak.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Jember Muhammad Syaiin bahwa per tanggal 7 Januari 2023, sudah ada 1180 dus surat suara yang terlipat. Dalam satu dus ada 500 lembar. "Dan yang kurang ada 368 lembar surat suara. Temuan itu nanti akan kami laporkan untuk diganti oleh pihak penyedia," ujarnya Senin, (8/1/2024) siang.

Menurutnya beberapa surat suara yang tergolong rusak itu dalam kondisi robek, potongan tidak simetris dan ada noda tinta. Dirinya juga memastikan tidak ada kerusakan akibat terkena air. 

Foto Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin menunjukkan surat suara rusak (Foto: dok. KPU Jember)Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin menunjukkan surat suara rusak (Foto: dok. KPU Jember)

Proses sortir-lipat surat suara dilakukan di halaman sekitar gudang dengan mendirikan tenda outdoor. Bahkan hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Jember, Syaiin mengatakan tidak ada kendala dalam proses lipat-sortir.

"Jadi kemarin saat proses sortir-lipat ketika turun hujan masih dilanjutkan. Tapi kalau hujan deras sekali maka kita masukkan ke dalam gudang jadi tidak ada surat suara yang rusak," jelasnya.

Pelaporan surat suara rusak tersebut harus dilakukan dengan segera karena mengingat waktu yang cukup dekat pemungutan suara. "Karena nanti masih ada proses distribusi ke TPS-TPS," tutup Syaiin.(*)

Tombol Google News

Tags:

Surat suara rusak KPU Jember Sortir-lipat Jember Pemulu2024 Pileg2024