Khofifah Lepas Kontingen Jatim Siap Berlaga di Fornas ke-VII

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

30 Juni 2023 05:34 30 Jun 2023 05:34

Thumbnail Khofifah Lepas Kontingen Jatim Siap Berlaga di Fornas ke-VII Watermark Ketik
Gubernur Khofifah berfoto bersama para atlet kontingen Jatim. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jatim yang akan berlaga di ajang Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VII di Bandung, Jawa Barat pada  2-3 Juli 2023. Pelepasan dilakukan di halaman Gedung Grahadi Surabaya, Kamis (29/6/2023).

Total kontingan Jawa Timur terdiri dari official dan masyarakat penggiat olahraga berjumlah 1.592 orang. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari ajang Fornas VI di Sumatera Selatan tahun 2022 lalu, Sebanyak 708 penggiat olahraga masyarakat. 

Foto Pertunjukan karate tradisional oleh para atlet KORMI Jatim. (Foto: Humas Pemprov Jatim)Pertunjukan karate tradisional oleh para atlet KORMI Jatim. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

“Selamat berlaga dan selamat berjuang pada Fornas ke-VII di Jawa Barat. Beri hasil yang terbaik untuk masyarakat Jawa Timur," ungkap Khofifah.

Menurut Khofifah melalui ajang ini pemerintah mempunyai desain besar olahraga nasional yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi dan industri olahraga.

"Untuk itu, saya meminta Ketua KORMI Jatim untuk membuat desain olahraga rekreasi masyarakat yang lebih sistemik dan detail," Tambah Khofifah.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, secara khusus dirinya meminta Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Jatim untuk bersurat kepada Ketua Umum KORMI pusat supaya pada Tahun 2027, Jatim dapat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Fornas ke-IX.

“Biasanya kalau bersiap jadi tuan rumah masing-masing daerah lebih serius dan lebih sistemik persiapannya," Jelasnya.

Sementara itu, Ketua KORMI Jawa Timur Hudiyono dalam laporannya menyampaikan, gelaran Fornas ini menjadi ajang lomba dan kompetisi serta silaturahmi antar penggiat olahraga masyarakat. Selain itu, Fornas menjadi ajang uji hasil pembinaan kemampuan para penggiat olahraga masyarakat di daerah.

“Kuantitas penggiat olahraga masyarakat yang tergabung dalam COOM di bawah naungan KORMI tahun ini meningkat," Ujarnya.

Untuk menunjang prestasi para atlet Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan beragam fasilitas, salah satunya posko sekretariat di Jalan Jingga Residence Blok B Nomor 18, Soreang, Kabupaten Bandung.

"Kualitas kontingen Jatim meningkat. Insya Allah tahun ini kita bisa menjadi juara umum,” pungkasnya disambut riuh para penggiat olahraga masyarakat.(*)

Tombol Google News

Tags:

KORMI Jatim Fornas ke-VII Olahraga atlet Gubernur Khofifah Jawa timur