Kenang Jasa Pahlawan Perumus Dasar Negara, SDIT Muhammadiyah Wirosari Gelar Upacara Bendera

Jurnalis: Achmad Fazeri
Editor: Marno

1 Juni 2024 08:36 1 Jun 2024 08:36

Thumbnail Kenang Jasa Pahlawan Perumus Dasar Negara, SDIT Muhammadiyah Wirosari Gelar Upacara Bendera Watermark Ketik
Suasana saat upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila berlangsung di halaman SDIT Muhammadiyah Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2024).

KETIK, GROBOGAN – Sekolah Dasar Integral Terpadu (SDIT) Muhamadiyah Wirosari menggelar upacara bendera untuk memperingati hari lahir Pancasila di depan ruang kelas SDIT Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2024).

"Upacara bendera ini kami selenggarakan untuk mengenang, menghargai serta berterimakasih, sekaligus juga mendoakan para pahlawan kita yang telah merumuskan dasar negara Indonesia," ujar Kepala SDIT Muhammadiyah Wirosari, M Yasir Arafat kepada media online nasional Ketik.co.id.

Menurut Rafat, panggilan akrabnya, sangat perlu mengenalkan momen Hari Lahir Pancasila (yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini kepada para murid agar mereka mengetahui betapa beratnya sebuah pengorbanan dan perjuangan mendirikan serta merumuskan dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

"Nantinya agar para murid lebih bersemangat lagi dalam menjaga, merawat, dan memajukan negara Indonesia supaya cita-cita Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur itu benar-benar bisa terwujud," harapnya.

Kendati demikian, Rafat mengatakan, bahwa tidak semua muridnya mengikuti upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tersebut.

"Jumlah murid SDIT Muhammadiyah Wirosari itu mencapai lebih dari 300 orang. Mereka menyebar di berbagai penjuru desa di sekitar Wirosari. Dan karena berbagai pertimbangan, maka upacara hari kelahiran Pancasila tahun ini hanya diikuti murid kelas 4, 5, serta 6, yang rumahnya dekat dengan sekolah," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Lahir Pancasila Upacara Bendera SDIT Muhamadiyah Wirosari Pancasila PAHLAWAN Pahlawan Perumus Dasar Negara