Kementerian Perindustrian lewat BCIC kembali Gelar IFCA 2023

Jurnalis: I Putu Manuaba
Editor: Marno

17 Maret 2023 07:54 17 Mar 2023 07:54

Thumbnail Kementerian Perindustrian lewat BCIC kembali Gelar  IFCA 2023 Watermark Ketik
Tim Kementerian Perindustrian RI bersama juri IFCA 2023 di BCIC Denpasar, Jumat 17 Maret 2023. (Foto: Jos Rizal/Ketik.co.id)

KETIK, DENPASAR – Kementerian Perindustrian RI melalui Bali Creative Industry Center (BCIC) kembali menyelenggarakan Inkubator Bisnis Kreatif, serta Kompetisi Kriya dan Fesyen 2023. Ajang unjuk kreasi tingkat nasional itu diselenggarakan melalui program Indonesian Fashion and Craft Awards (IFCA). 

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui metode klasikal dan pendampingan yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha muda kreatif di bidang fesyen dan kriya. Selain itu, program tersebut juga memiliki visi mengantarkan para wirausaha muda kreatif ke pasar internasional. 

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Reni Yanita menerangkan bahwa kegiatan tersebut memiliki konsep meet-share-collaborate. "Sehingga para pelaku dapat bertemu, berbagi pengalaman serta ide kreatif,  dan pada akhirnya dapat menciptakan karya bersama," terangnya. 

Rangkaian kegiatan inkubator bisnis kreatif BCIC sesi klasikal akan dimulai dengan masa sosialisasi dan pendaftaran pada Juni 2023. Selanjutnya, pelaksanaan sesi klasikal akan diselenggarakan pada September hingga Oktober 2023.

Sejauh ini, data BCIC menunjukkan bahwa program coaching tersebut telah berhasil membantu alumninya mengatasi permasalahan dalam mengembangkan bisnis seperti; meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan omset, hingga meningkatkan kelas dari skala mikro ke skala menengah.

Beberapa alumni bahkan berhasil mengikuti pameran internasional hingga mendapat pendanaan dari investor. BCIC yang dibentuk oleh Kementerian Perindustrian RI sejak 2015 silam terus berupaya mencetak pelaku industri kreatif kriya dan fesyen.(*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

BCIC IFCA2023