Kembangkan Desa dengan IT, Operator Desa di Simeulue Dibekali Ilmu Pengelolaan Situs Web

Jurnalis: Helman Gusti Fandaya
Editor: Cutbang Ampon

26 Juni 2024 12:21 26 Jun 2024 12:21

Thumbnail Kembangkan Desa dengan IT, Operator Desa di Simeulue Dibekali Ilmu Pengelolaan Situs Web Watermark Ketik
Para peserta pelatihan pengelolah website Gampong.id mengikuti pelatihan di Simeulue, Rabu (26/6/2024). (Foto: Helman/Ketik.co.id)

KETIK, SIMEULUE – Operator desa (gampong) di Kabupaten Simeulue, Aceh, mengikuti pelatihan penggunaan website Gampong.id di Aula Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) setempat, Rabu (26/6/2024).

Pelatihan yang digelar oleh Diskominsa Simeulue tersebut bertujuan untuk menambah pengalaman dalam pengelolaan website Gampong.id. Kegiatan ini diikuti seluruh operator dari 138 desa yang ada di wilayah kabupaten berkepulauan itu.

Pada kegiatan bertema "Melalui Pelatihan Pengelolah Website Gampong.id Kita Wujudkan Transformasi Desa yang Informatif, Inovatif, Terdepan dan Berkembang" tersebut diisi oleh pemateri Yudi Kasmara, SKom, dan Zainal Mahyar, SPd dari Diskominsa Aceh.

Kepala Diskominsa Simeulue, Misrahudin, SE, dalam laporannya menyampaikan bahwa, tujuan dari pelatihan tersebut guna menambah pendalaman ilmu terkait website Gampong.id, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih baik dan lebih efektif.

"Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu dari hari Rabu, 26 Juni sampai dengan Kamis 27 Juni 2024," terang Misrahudin.

Foto Kominsa Simeulue Gelar Pelatihan Operator Gampong (Helman/Ketik.co.id)Kominsa Simeulue gelar pelatihan penggunaan situs web untuk seluruh operator desa yang ada di Simeulue, Rabu (26/6/2024). (Foto:Helman/Ketik.co.id)

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Simeulue Asludin dalam arahannya mengatakan, saat ini dunia digitalisasi sudah sangat berkembang pesat. Semua dikendalikan android, untuk itu dikatakannya semua operator desa sudah seharusnya 'melek' digital dan paham soal IT.

Dengan demikian, kata Asludin, semua potensi desa yang ada di Simeulue bisa disampaikan kepada publik melalui situs web yang sudah disediakan.

"Semoga kegiatan ini bisa memberikan pencerahan kepada operator desa, sehingga informasi atau update lainnya di desa bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Asludin berharap, operator dapat memanfaatkan momen ini dengan baik dan bisa menyerap semua ilmu yang disampaikan oleh pemateri, sehingga nantinya para peserta jauh lebih paham tentang IT dan menjadi pionir untuk mengembangkan desanya masing-masing.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala DPMD, Renil Muriansyah Putra, SSTP, MEc, Dev, Sekdis Kominsa, Buyung Ali Kardin, SPd, beserta sejumlah Kabid. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pelatihan Operator Kominsa Simeulue Aceh Operator desa