Kaleidoskop 2023: Beragam Peristiwa dan Kejadian Penting yang Terjadi di Indonesia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

27 Desember 2023 10:37 27 Des 2023 10:37

Thumbnail Kaleidoskop 2023: Beragam Peristiwa dan Kejadian Penting yang Terjadi di Indonesia Watermark Ketik
Gunung Marapi di Sumatera Barat yang baru meletus. (Foto: Instagram @pilot.desa)

KETIK, JAKARTA – Tahun 2023 sebentar lagi akan berakhir, sebentar lagi kita akan menyongsong tahun baru 2024. Jika kita kembali menilik satu tahun ke belakang, selama tahun 2023 banyak kejadian atau peristiwa yang terjadi di Indonesia. 

Berangkat dari hal tersebut berikut ini kami ulas beberapa kejadian atau peristiwa besar yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2023.

Januari 2023

Mengawali tahun 2023 banyak negara yang mengalami resesi ekonomi akibat dampak perang antara Ukraina dan Rusia. Tidak terkecuali Indonesia, yang juga berada di bawah bayang-bayang resesi ekonomi akibat melemahnya ekonomi global. 

Namun di satu sisi ternyata kondisi ekonomi Indonesia masih kuat, hal ini ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,31 persen.

 

Februari 2023

Sementara itu memasuki bulan kedua, masyarakat Indonesia digegerkan dengan kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy yang merupakan anak seorang pejabat Direktorat Jenderal Pajak terhadap anak dibawah umur, David Ozora. 

Penganiayaan ini sendiri terjadi pada 20 Februari 2023. Motif dari tindakan ini adalah karena sang pelaku Mario Dandy mendapatkan laporan dari kekasihnya AG jika dirinya baru saja dilecehkan oleh mantan pacarnya, David. Akibatnya Mario mengajak Shane untuk menganiaya David dengan dalih memberi pelajaran.

Pertemuan tersebut diatur oleh AG, dan ketiga orang ini lalu menemui David di rumah kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Di lokasi tersebut kemudian David dianiaya oleh Dandy.

 

Maret 2023

Memasuki bulan Maret 2023, terjadi kebakaran hebat di Depo Pertamina di wilayah Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023). Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 20:20 WIB. Akibat kejadian ini 19 orang dilaporkan meninggal, Sementara 50 orang mengalami luka-luka baik berat maupun ringan.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan Kebakaran ini sendiri disebabkan oleh oleh kebocoran yang terjadi pada pipa penyalur bbm ke tangki. 

"Kalau kita lihat kemarin insiden itu dipojok atas kanan bukan di tangkinya tapi di pipa yang masuk ke tangki tersebut. Di pipa itulah terjadi kebakaran," terang Nicke dalam RDP bersama Komisi VI DPR, Selasa (14/3/2023).

 

April 2023

Pada bulan April terjadi peristiwa alam langka di Indonesia, yakni Gerhana Matahari Hybrid. Gerhana ini merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Fenomena ini terjadi tepat tanggal 20 April 2023. Adapun gerhana matahari hibrid terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

Peristiwa ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia kecuali bagian ujung barat pulau Sumatera. Adapun Gerhana Matahari Hibrid yang akan datang dapat diamati kembali di Indonesia adalah pada 25 November 2049.

 

Mei 2023

Setelah penantian selama 32 tahun, akhirnya Timnas Indonesia berhasil membawa pulang medali emas cabang sepak bola di Sea Games 2023 yang digelar di Kamboja (16/5/2023).

Indonesia berhasil membawa medali emas lewat pertarungan sengit melawan Thailand dengan skor 5-2. Dengan keberhasilan tersebut, Indonesia merangkum tiga medali emas sepak bola dalam SEA Games, yakni pada SEA Games 1987, SEA Games 1991, dan SEA Games 2023.

 

Juni 2023

Memasuki pertengahan tahun 2023, fenomena El Nino mulai terasa dampaknya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan musim kemarau yang berlangsung panjang dan juga suhu yang meningkat. Akibatnya sektor pertanian terancam dan kebakaran lahan juga meningkat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MenLHK) Siti Nurbaya mengatakan, jika sudah ada 7 provinsi yang dinyatakan dalam siaga darurat kebakaran. Pemerintah pun mulai menyiapkan langkah preventif seperti mensiagakan 15 unit pesawat BRIN, BNPB, dan KLHK.

"Untuk pola karhutla, di Riau itu biasanya intens di bulan Maret dan April, lalu turun, dan naik lagi di Juni. Kemudian bergerak terus sampai Agustus, kencangnya nanti pertengahan Desember," kata Siti.

 

Juli 2023

Masih membahas terkait El Nino, memasuki bulan Juli Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap, rata-rata suhu udara Indonesia pada Juli 2023 mencapai 26,7 derajat Celcius. Bahkan pada tingkat maksimal suhu di Indonesia bisa mencapai 38 derajat celcius.

Suhu ini lebih tinggi 0,5 derajat Celcius dari suhu udara normal sepanjang 1991 hingga 2020. Hal ini membuat Juli menjadi bulan dengan suhu terpanas sepanjang tahun 2023. 

"Normal suhu udara klimatologis untuk Juli 2023 periode 1991-2020 di Indonesia adalah sebesar 26.2 °C (dalam kisaran normal 20.08 °C - 28.63 °C). Berdasarkan nilai-nilai tersebut, anomali suhu udara rata-rata pada Juli 2023 menunjukkan anomali positif dengan nilai sebesar 0.5 °C," tulis BMKG dalam laman resminya.

 

Agustus 2023

Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi masyarakat Indonesia, Hal ini tidak lain karena setiap 17 Agustus Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Salah satu momen yang menarik pada perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia adalah atraksi tarian Gemu Fa Mi Re yang diperagakan oleh barisan pasukan TNI/Polri yang mengikuti Upacara Kemerdekaan di Istana Negara Jakarta (17/08/2023).

Tidak berhenti sampai disitu, di atas langit Jakarta juga terlihat empat helikopter yang terbang dengan posisi diam di langit dan ikut berputar mengikuti irama musik Gemu Fa Mi Re. Sontak hal ini menggegerkan masyarakat, banyak yang memuji pertunjukkan yang ditampilkan di momen HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia tersebut.

Foto Momen KTT ASEAN 2023 yang digelar di Jakarta. (Foto: Sekretariat Kabinet)Momen KTT ASEAN 2023 yang digelar di Jakarta. (Foto: Sekretariat Kabinet)

September 2023

Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. KTT ASEAN diselengarakan di Jakarta pada 4-7 September 2023. Terdapat hal unik pada penyelenggaraan KTT ASEAN kali ini, dimana pada acara gala dinner yang digelar di Hutan Kota by Plataran, di Kompleks Stadion GBK, Senayan, Jakarta (7/9/2023). Terdapat pertunjukan seni yang memukau semua tamu undangan dari berbagai negara. Mulai dari penampilan alat musik, penampilan dari artis-artis ternama Indonesia, bahkan sampe dekorasi di gedung-gedung sekitar venue.

Foto Ilustrasi Tiktok Shop. (Foto: Pexels)Ilustrasi Tiktok Shop. (Foto: Pexels)

Oktober 2023

Pemerintah Indonesia secara resmi menutup TikTok Shop pada Per 4 Oktober 2023, tepatnya pukul 17.00 WIB. Hal ini dilakukan karena pemerintah menilai platform tersebut melakukan monopoli dalam berusaha atau predatory pricing.

Setelah resmi setop beroperasi, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) pun mengapresiasi langkah yang diambil oleh pihak TikTok.

Meski mendapatkan apresiasi dari pemerintah, rupanya hal tersebut menimbulkan polemik baru, yakni para seller di TikTok Shop yang mengeluhkan soal bisnisnya. Hal ini lantaran banyak pedagang yang mengaku sangat terbantu dengan platform TikTok Shop.

 

November 2023

Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-17 Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang yang diadakan setiap dua tahun sekali sejak pergelaran perdananya pada tahun 1985.

Gelaran Piala Dunia U-17 ini digelar 4 kota. Yakni Surabaya, Solo, Jakarta dan Bandung. Turnamen ini berlangsung dari tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023 dan diikuti oleh 24 negara. 

Upacara pembukaan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo Presiden FIFA Gianni Infantino, dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Dalam laga pembuka Piala Dunia U-17 ini, selaku tuan rumah Indonesia berhadapan dengan Ekuador. Hasilnya, Indonesia berhasil menahan imbang 1-1. Gol Timnas Indonesia U-17 dicetak oleh Arkhan Kaka pada menit ke 22, sementara gol penyama kedudukan Ekuador dicetak oleh Allen Obando pada menit ke 28.

 

Desember 2023

Peristiwa menyedihkan yang baru saja terjadi adalah meletusnya Gunung Marapi di Sumbar pada 3 Desember 2023 lalu. Terdapat 75 pendaki yang terjebak di sana saat Gunung Marapi erupsi. 

Sayangnya, ada 32 orang yang meninggal dunia. Video-video korban beredar di sosial media. Ada video saat para korban masih hidup dan meminta tolong, ada juga video saat mereka laporan tentang kondisi terakhirnya, dan juga video saat korban sudah meninggal.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kaleidoskop Peristiwa Kejadian Indonesia nasional KTT ASEAN 2023 TikTok Shop Gunung Marapi Sea Games Kamboja