Kaisar Jepang dan Permaisuri Tiba di Indonesia, Temui Jokowi sampai ke Borobudur

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

17 Juni 2023 14:51 17 Jun 2023 14:51

Thumbnail Kaisar Jepang dan Permaisuri Tiba di Indonesia, Temui Jokowi sampai ke Borobudur Watermark Ketik
Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu sore (17/6/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr).

KETIK, TANGERANG – Tamu kehormatan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Kaisar Jepang bersama Permaisuri mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu sore, (17/6/2023) pukul 16.20 WIB.

Ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, (23/6/2023).

Dalam kunjungannya, Kaisar bersama Permaisuri dijadwalkan melaksanakan sejumlah kegiatan. Yang utama bertemu Presiden Joko Widodo pada Senin, (19/6/2023).

Selain itu, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang berkunjung ke Indonesia. Salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo pada Juli 2022.

“Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang,” ucapnya.

Menyambut ketibaan Kaisar Jepang bersama Permaisuri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kaisar Jepang permaisuri kunjungan Jepang Jokowi