Jelang Libur Lebaran, Polresta Bandung Cek Jalur Selatan dan Pos Pam

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

13 April 2023 22:28 13 Apr 2023 22:28

Thumbnail Jelang Libur Lebaran, Polresta Bandung Cek Jalur Selatan dan Pos Pam Watermark Ketik
Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat pengecekan jalur selatan arus mudik Lebaran 2023 di Pos Pam CIleunyi Kab Bandung, Kamis (14/4/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).

KETIK, BANDUNG – Jelang libur Lebaran tahun 2023 Polresta Bandung menggelar Operasi Ketupat Lodaya 2023, diawali dengan melaksanakan pengecekan jalur mudik.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pengecekan jalur selatan Jawa Barat yang biasa dilintasi para pemudik saat libur lebaran untuk memastikan siap dilalui.

"Sampai dengan saat ini kita belum melihat adanya peningkatan kepadatan lalu lintas dan kita sudah pantau dari mulai Exit Tol Cileunyi sampai dangen Cikaledong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung yang menuju ke arah Kabupaten Garut sudah siap dilalui pemudik," kata Kapolresta Bandung, Kamis (13/4/2023).

"Kita lihat juga bahwa sarana dan prasarana jalan alhamdulilah dalam kondisi yang baik. Pedagang kaki lima juga sudah tidak ada yang menempati atau memasuki badan jalan," imbuhnya.

Terkait mana saja titik kemacetan saat arus mudik lebaran, kapolresta menjelaskan titik kemacetan tergantung harinya. Pihaknya memprediksi  saat puncak arus mudik tentunya ada di Exit Tol Cileunyi hingga di Cikaledong Nagreg.

"Seandainya di Limbangan Garut dalam kondisi yang padat ekornya sampai ke Cikaledong Nagreg, maka cara bertindak yang kami lakukan adalah kendaraan yang dari Bandung terpaksa kami belokan melalui ke jalur Leles untuk mencapai ke Garut," jelas Kombes Pol Kusworo.

Foto Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat pengecekan jalur selatan arus mudik Lebaran 2023 di Pos Pam CIleunyi Kab Bandung, Kamis (14/4/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat pengecekan jalur selatan arus mudik Lebaran 2023 di Pos Pam CIleunyi Kab Bandung, Kamis (14/4/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).

Sedangkan untuk jumlah pemudik yang akan melintasi jalur selatan, Kusworo menjelaskan kemungkinan akan terjadi pada 18 hingga 21 April 2023.

"Kita ketahui 14 April 2023 ini anak-anak sekolah sudah mulai libur. Ini juga kami antisipasi. Namun demikian diprediksi peningkatan arus itu mulai tanggal 18, 19 dan puncak arus mudik itu di tanggal 20 dan 21 April 2023," sambungnya.

Kapolresta Bandung juga mengecek beberapa Pos Pengamanan yang ada di wilayah Kabupaten Bandung.

Kusworo menyebut selama libur Lebaran didirikan ada 26 pos, yang terdiri dari Pos Terpadu yang ada di Cileunyi dan Soroja, serta pos-pos pengamanan dan pos pelayanan.

Meski saat ini masih dalam proses pemasangan di beberapa pos, pihaknya memastikan dalam waktu dekat pos tersebut siap untuk melayani para pemudik.

"Insya Allah saat ini pos pengamanan sudah 100 persen. Tinggal mengisi interior dalam seperti sofa, CCTV, alat komunikasi yang Insya Allah besok dinyatakan siap. Dan kami sudah siap untuk melayani masyarakat," pungkas Kapolresta Bandung. (*)

Tombol Google News

Tags:

mudik mudik lebaran 2023 POLRESTA BANDUNG KAPOLRESTA BANDUNG jalur selatan