Jelang Lebaran, Polresta Bandung dan Dishub Jemput Bola Ramp Check ke PO Bus

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

14 April 2023 15:33 14 Apr 2023 15:33

Thumbnail Jelang Lebaran, Polresta Bandung dan Dishub Jemput Bola Ramp Check ke PO Bus Watermark Ketik
Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo bersama Kadishub Kab Bandung Iman Irianto saat ramp check di PO Bus di Cimaung, Jumat (14/4/23).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2023, Polresta Bandung bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung kembali melaksanakan Ramp Check di salah satu PO Bus yang ada di wilayah Cimaung, Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyebut sebanyak 12 armada di cek untuk memastikan kelaiakan jalannya.

"Adapun Ramp Check ini kita melaksanakan pemeriksaan administrasi surat-surat," kata Kapolresta Bandung, Jumat (14/4/2023).

Selain itu juga dicek kelaikan daripada kendaraan, baik itu rem, mesin, weaper kaca dan ketiga alat pendukung seperti pemecah kaca.

Foto Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo bersama Kadishub Kab Bandung Iman Irianto saat ramp check di PO Bus di Cimaung, Jumat (14/4/23).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo bersama Kadishub Kab Bandung Iman Irianto saat ramp check di PO Bus di Cimaung, Jumat (14/4/23).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Selain memeriksa kendaraan bus, pihaknya juga lakukan pemeriksaan urine kepada para pengemudi.

"Jangan sampai kendaraannya sudah laiak operasi, namun pengemudinya di bawah pengaruh narkoba yang itu bisa membahayakan penumpang," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, kata Kusworo, kondisi bus dalam keadaan baik. Hanya ada beberapa bus yang weaper-nya agak mengering karetnya.

"Kami telah menghimbau untuk segera mengganti karet weaper-nya terlebih dahulu, karena dikhawatirkan saat ini musim penghujan. Jangan sampai pada saat hujan weaper-nya tidak maksimal membersihkan kaca dan itu bisa mengganggu jarak pandang pengemudi yang bisa membahayakan keselamatan," tegasnya.

Pihaknyanya menghimbau kepada para sopir maupun pemilik bis untuk selalu mempersiapkan diri, khususnya dalam segi stamina dan kesehatan.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

POLRESTA BANDUNG KAPOLRESTA BANDUNG dishub kab bandung lebaran mudik ramp check