Jelang Arus Mudik, Basarnas-Tim Gabungan Gelar Simulasi Tanggap Darurat Kecelakaan di Tol Trans Sumatera

Jurnalis: Andriego Pandega
Editor: M. Rifat

5 April 2024 14:50 5 Apr 2024 14:50

Thumbnail Jelang Arus Mudik, Basarnas-Tim Gabungan Gelar Simulasi Tanggap Darurat Kecelakaan di Tol Trans Sumatera Watermark Ketik
Basarnas dan Tim Gabungan lakukan simulasi kecelakaan di Tol Trans Sumatera (5/4/2024) (Foto: Andriego Pandega/Ketik.co.id)

KETIK, BANDAR LAMPUNG – Tim SAR Gabungan melakukan penyelamatan terhadap insiden kecelakaan beruntun di kecamatan bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (05/04/2024). 

Namun, kecelakaan tersebut adalah sebuah simulasi yang dilakukan oleh BASARNAS berserta Tim Gabungan TNI-POLRI, Tenaga Kesehatan dan Relawan SAR di lampung untuk menjelang puncak arus mudik lebaran 2024.

Meski hanya simulasi, tampak tim gabungan sangat sigap bergerak cepat menyelamatkan korban luka-luka di dalam mobil yang terguling dan di dalam bus yang berada di jalan Tol Trans Sumatera Lampung Selatan. 

Bahkan, tim ini juga turun ke dalam jurang untuk menyelamatkan korban yang berada di dalam mobil, lalu membawa korban ke rumah sakit. 

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas RI Noer Isrodin mengatakan, dalam simulasi ini Tim SAR bergerak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), seperti memperhatikan potensi bahaya yang dapat datang tiba-tiba kepada personel.

"Bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel jika terjadi kecelakaan lalu lintas terutama saat arus mudik," jelasnya.

Diketahui, dalam arus mudik dan balik libur Idul Fitri 1445 Hijiriah, pelabuhan bakauheni dan Jalur Tol Trans Sumatera merupakan salah satu akses masuk untuk kepulauan Sumatera, sehingga tidak menutup kemungkinan kejadian tersebut akan terjadi. 

"Ya kita tidak tahu sebuah peristiwa dalam rus mudik lebaran 2024 ini, sehingga kita semua telah siap dengan segala kemungkinan yang terjadi kedepannya," jelas Direktur Kesiapsiagaan Basarnas RI Noer Isrodin. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lampung Basarnas Tol Trans Sumatera Bakauheni kecelakaan Arus Mudik 2024 Mudik 2024