Jalur Penyelamatan Baru Akan Dibangun di Klemuk Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

18 Juli 2024 06:25 18 Jul 2024 06:25

Thumbnail Jalur Penyelamatan Baru Akan Dibangun di Klemuk Kota Batu Watermark Ketik
Jalur penyelamatan Klemuk di Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kota Batu (18/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Jalur penyelamatan baru akan dibuat di Jalur Klemuk Songgoriti kelurahan Songgokerto Kecamatan/Kota Batu. Jalur itu untuk menambah jalur penyelamatan yang sekarang sudah ada.

Penambahan jalur keselamatan itu untuk meminimalkan kecelakaan yang sering terjadi di jalur alternatif Kota Batu dan kecamatan Pujon kabupaten Malang tersebut.

"Perencanaan akan dimulai pada PAK 2024 ini dan pelaksanaan biasanya akan dilakukan tahun 2025," kata Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu Eko Setyawan, Kamis (18/7/2024).

Untuk merealisasikan proyek tersebut, Pemkot Batu telah menerjunkan Tim survei terdiri dari Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, DLH dan perhutani.

Eko menjelaskan, jalur keselamatan itu akan dibuat sesuai standar seperti di jalan tol. Dengan ketinggian dan kemiringan tertentu.

"Serta memakai materi yang dapat menyerap energi. saat kendaraan masuk ke jalur ini sehingga energi kendaraan hilang dan mesin mati," jelasnya.

Untuk informasi, saat ini terdapat 2 titik jalur keselamatan di Klemuk. Pembangunan jalur keselamatan baru akan dilengkapi dengan rest area. 

Menurut Eko, Rest Area tersebut berfungsi untuk mendinginkan rem kendaraan dan memberikan tempat beristirahat bagi pengemudi.

"Jalur keselamatan kakak dibangun harus memenuhi standar teknis dan aturan yang berlaku termasuk desain yang sesuai," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Jalur Klemuk Dinas PUPR