Jalan Sehat Tandai Puncak Peringatan Milad ke-30 SD Muhammadiyah Sangonan IV Sleman

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

11 Agustus 2024 19:28 11 Agt 2024 19:28

Thumbnail Jalan Sehat Tandai Puncak Peringatan Milad ke-30 SD Muhammadiyah Sangonan IV Sleman Watermark Ketik
Lurah Sidoluhur Godean Hernawan Zudanto melepas keberangkatan peserta jalan sehat yang digelar Sabtu (10/8/2024) dengan mengibarkan bendera start. (Foto: Fajar Pratama S/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Lebih dari 1.200 peserta mengikuti acara jalan Sehat yang digelar untuk menandai puncak peringatan Milad (Hari Lahir) ke-30 SD Muhammadiyah Sangonan IV  (Musafour), Gatak, Sidoluhur,  Godean, Sleman, Sabtu (10/8/2024).

Dalam kesempatan ini Lurah Sidoluhur Hernawan Zudanto melepas keberangkatan peserta jalan sehat dengan mengibarkan bendera start.

Sedangkan rute yang ditempuh mengitari jalanan seputar kawasan sekolah tersebut. Melewati beberapa padukuhan di sekitar SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean, yakni Padukuhan Gatak, Dadapan, Mertosutan dan Krajan yang masuk wilayah Kalurahan Sidoluhur.

Rutenya meliputi sekolahan - Tugu Pirak, Ringin Krajan - PCM Godean - lantas kembali ke Sekolahan.

Ketua panitia kegiatan, Agung Waluyo, dalam keterangannya, Minggu (11/8/2024), menyampaikan peringatan Milad SD Muhammadiyah Sangonan IV ini melibatkan orangtua siswa dan merupakan event yang pertama kalinya digelar.

"Bertepatan dengan peringatan Milad ke-30 acara kami bikin besar dengan tema 'Bergerak Bersama Meraih Asa, Musafour Jaya'," terangnya.

Ia tambahkan, kegiatan ini sekaligus dimaksudkan untuk turut memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang bertemakan 'Nusantara Baru, Indonesia Maju'.

Ke depan Agung Waluyo berharap acara seperti itu dapat berkembang lebih meriah lagi.

Foto Sebanyak 100 murid SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean menunjukan kepiawaiannya bermain angklung membawakkan lagu Taman Jurug, Jogja istimewa dan Mojang Priangan. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Sebanyak 100 murid SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean menunjukan kepiawaiannya bermain angklung membawakkan lagu Taman Jurug, Jogja istimewa dan Mojang Priangan. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Sedangkan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean Fatimah menambahkan, digelarnya acara tersebut sebagai bentuk syukur semoga SD Muhammadiyah Sangonan IV makin jaya.

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan sejumlah lomba. Mulai 2 dan 3 Agustus yang harus diikuti oleh siswa/siswi dari kelas 1-6.

Sedangkan jenis-jenis perlombaannya meliputi mewarnai bagi kelas 1 dan 2; melukis untuk kelas 3, 4, 5 dan 6; pidato bagi kelas 3, 4 dan 5 serta MTQ untuk kelas 3, 4, 5 dan 6 serta terakhir MTA bagi kelas 4, 5, juga 6.

Dengan digelarnya sejumlah perlombaan tersebut, maka SD Muhammadiyah Sangonan IV telah siap jika sewaktu-waktu diminta mengikuti perlombaan yang diadakan lembaga lain.

Selanjutnya tepat pada Hari Ulang Tahun yakni 8 Agustus digelar dongeng anak diikuti oleh seluruh siswa di halaman gedung induk.

Dilanjutkan pengumuman pemenang lomba dan prosesi potong tumpeng. Serta dilanjutkan Bakti Sosial yang dilaksanakan oleh siswa/siswi kelas kelas 5.

"Pada saat tasyakuran kemarin dibagikan 50 paket sembako untuk warga Gatak sekitar sekolah," ungkap Fatimah.

Kemudian pada 10 Agustus merupakan puncak acara berupa jalan sehat dengan peserta para tamu undangan. Siswa didampingi satu orang tua/wali, guru maupun karyawan SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean.

Foto Ketua panitia peringatan Milad ke-30 SD Muhammadiyah Sangonan IV Sleman
Agung Waluyo, (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Ketua panitia peringatan Milad ke-30 SD Muhammadiyah Sangonan IV Sleman Agung Waluyo, (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Seusai jalan sehat, di sela pembagian doorprize, ditampilkan seni angklung para siswa yang tergabung dalam "Irama Pertiwi" di atas panggung.

Angklung merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti siswa kelas 3 sekolah kebanggaan warga Godean dan sekitarnya.

Dengan lancarnya, 100 murid bermain angklung membawakan lagu Taman Jurug, Jogja istimewa dan Mojang Priangan.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu siswa Kelas 4B SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean Zeeta Arsyilla Firman menunjukan kepiawaiannya memainkan biola dan membawakan lagu berjudul Laskar Pelangi dan Gundul-Gundul Pacul.

Menurut Fatimah, kegiatan tersebut didukung oleh orangtua/wali murid. Sebagian di antaranya berpartisipasi memberikan doorprize berupa kulkas, mesin cuci, kompor gas, kipas angin, dispenser dan lain sebagainya.

Ada juga dukungan 2 unit ambulance dari Lazizmu Godean saat jalan sehat maupun suport dari Dana Sehat Muhammadiyah (DSM) RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah Yuli Kurniawan menyebutkan pihak komite sekolah ikut bersyukur, rangkaian acara Milad ke-30 SD Muhammadiyah Sangonan IV dapat terselenggara dengan lancar. (*)

Tombol Google News

Tags:

SD Muhammadiyah Sangonan IV Gatak Sidoluhur Godean Sleman Milad ke-30 Musafour Pendidikan Lazizmu Godean DSM RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta jalan sehat