Jalan Sehat Bareng Warga Malang, Gubernur Khofifah Bagi-bagi Telur Gratis

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

11 November 2023 04:30 11 Nov 2023 04:30

Thumbnail Jalan Sehat Bareng Warga Malang, Gubernur Khofifah Bagi-bagi Telur Gratis Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat membuka jalan sehat di Bakorwil III Malang (11/11/2023). (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ikuti jalan sehat bersama warga Kota Malang pada Sabtu (11/11/2023). Dalam kegiatan tersebut, Khofifah membagikan telur gratis kepada ibu hamil, ibu dengan balita, dan lansia.

Ia menjelaskan bahwa rangkaian jalan sehat sebelumnya telah dilakukan di llima Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) di Jawa Timur sebagai rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprov Jatim. Tak hanya jalan sehat, kegiatan tersebut juga disertai dengan bazar UMKM dan pelaksanaan pasar murah.

"Kalau untuk pasar murah mungkin sudah ke titik 46 dimulai 1 September. Memang harga sembako harus diupayakan mendekati keterjangkauan masyarakat," ungkapnya.

Khofifah menyebut bahwa produksi padi dan beras di Jawa Timur mengalami surplus. Namun saat ini harga di penggilingan telah melebihi Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Saat Khofifah berkunjung ke Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, dijumpai HPP dari Gabak Kering Panen (GKP) sebesar Rp 5.000. Namun sampai dipenggilingan, harga beras tembus Rp 7.000.

"Harga sampai dengan titik penggilingan memang sudah di atas HPP Rp 5000. Di Tuban saya ikut memanen, di sana GKP bisa tembus Rp 7.000 berarti sudah Rp 2.000 di atas HPP," lanjutnya.

Foto Gubernur Khofifah saat memberikan telur gratis ke masyarakat. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Gubernur Khofifah saat memberikan telur gratis ke masyarakat. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Khofifah optimis upaya penetrasi terhadap harga beras yang berada di atas HET dapat selalu dilakukan. Di pasar murah yang digelar di Bakorwil III Malang, beras yang dijual telah di bawah harga HET. HET beras kan Rp 10.900 dan di pasar murah rata-rata Rp 10.200 sampai Rp 10.400," ungkap Khofifah.

Sementara itu, Titin (64) lansia dari Simoang Ijen, Kecamatan Klojen mengaku bersyukur menerima telur gratis sebanyak 1 kg dari Gubernur Khofifah.

"Rasanya senang dan bersyukur. Bu Gubernur begitu respect sama masyarakatnya terutama yang menengah ke bawah. Tadi saya dapat telur ayam 1 kg gratis. Jadi yang gratis itu dari kategori lansia, ibu hamil, sama ibu yang punya anak kecil. Kebetulan saya yang kategori lansia," ungkapnya usai menerima telur gratis.

Ia mengaku baru pertama kali menerima telur gratis langsung dari rangan Khofifah. Ia berharap siapapun yang menjadi oengganti Khofifah mampu peduli dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah.

"Ini baru pertama kali saya dapat bantuan seperti ini. Senang apalagi langsung Bu Khofifah yang memberikan. Harapannya untuk pemimpin mendatang, mudah-mudahan bisa seperti Bu Khofifah yang peduli terhadap masyarakat menengah ke bawah," ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bakorwil III Malang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Pasar Murah jalan sehat