Jaga Harga Pangan, Pemkab Kepulauan Selayar Gelar GPM

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

7 Maret 2024 05:43 7 Mar 2024 05:43

Thumbnail Jaga Harga Pangan, Pemkab Kepulauan Selayar Gelar GPM Watermark Ketik
Pelaksanan GPM oleh Pemkab Kepulauan Selayar. (Foto: Humas Pemprov Sulsel)

KETIK, KEPULAUAN SELAYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPK) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Taman Pusaka Benteng Selayar, Rabu (6/3/2024).

Gelaran GPM ini dilaksanakan untuk menjamin ketersediaan pangan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M mendatang.

Kepala DPK Kepulauan Selayar Mimi Julianti mengatakan, kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Sulwesi Selatan. GPM merupakan sinergi bersama antara Pemkab dan Forkopimda serta Perum Bulog untuk menjaga stabilitas dan harga pangan.

"Ini adalah hasil koordinasi bersama, Pemkab, Kodim, Polres dan Kajari Kepulauan Selayar dalam rangka pengendalian stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)," jelasnya

Mimi Julianti menambahkan, melalui kegiatan ini harga pangan di pasaran dapat terkendali sehingga bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Dirinya juga mengajak para pedagang atau distributor pangan untuk tidak secara sepihak mempermainkan harga untuk mencari keuntungan dengan memanfatkan situasi jelang ramadhan.

"Pemerintah akan terus berupaya mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan yang dapat membebani ekonomi masyarakat," tambahnya.

Sementara Sabaruddin selaku pihak dari Perum Bulog, menyampaikan ketersediaan stok di Bulog untuk mendukung kegiatan GPM ini dipastikan aman.

Ia juga memastikan ketersediaan bahan pangan lainnya seperti gula pasir, terigu, dan minyak goreng, tetap aman dan cukup jelang dan setelah Ramadan. 

"Untuk stok pangan jelang dan setelah Ramadan bisa dikatakan aman dan cukup untuk konsumsi warga," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan Idul Fitri Harga Pangan Gerakan Pangan Murah sembako Bulog