Inovasi Shinta Juniarti untuk Maksimalkan Katalog Elektronik Lokal di Pagaralam

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Mustopa

16 Agustus 2023 09:15 16 Agt 2023 09:15

Thumbnail Inovasi Shinta Juniarti untuk Maksimalkan Katalog Elektronik Lokal di Pagaralam Watermark Ketik
Shinta beserta tim terus melakukan sosialisasi dan pendampingan langsung, kepada penyedia barang dan jasa di Kota Pagaralam. (Foto; Al/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Inovasi dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa di Kota Pagaralam dilakukan oleh Shinta Juniarti, A.Md, Kepala Sub Bagian Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah.

Inovasi ini merupakan hasil dari partisipasinya dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan III Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 dan membawa perubahan positif dalam penggunaan Katalog Elektronik Lokal.

Katalog Elektronik adalah sebuah aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah, dengan harga yang sudah termasuk pajak, sehingga memberikan akuntabilitas dan efisiensi dalam pengeluaran rutin Pemerintah.

Salah satu inovasi utama dari Shinta Juniarti adalah pengisian Katalog Elektronik Lokal terhadap penyedia barang dan jasa di Kota Pagaralam.

“Katalog Elektronik Lokal adalah bagian berkelanjutan dan jangka panjang dari aplikasi Katalog Elektronik yang menghubungkan penyedia barang dan jasa lokal dengan pemerintah daerah,” ujar Shinta.

Menurut Shinta, beberapa Etalase Katalog Elektronik Kota Pagaralam hanya memiliki satu penyedia atau bahkan belum. Inovasi ini menjadi penting untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini.

“Melalui inisiatif ini, saya dan tim terus melakukan sosialisasi dan pendampingan langsung kepada penyedia barang dan jasa di Kota Pagaralam,” jelasnya.

Langkah ini, sambung Shinta, tak lain agar penyedia tak perlu mengunjungi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Pagaralam secara fisik, sehingga mempercepat dan menyederhanakan proses pengisian katalog.

Dengan inovasi ini, jrlas Shinta, diharapkan akan membantu penyedia barang dan jasa yang sebelumnya belum terdaftar dalam etalase Katalog Elektronik Lokal Kota Pagaralam.

“Dengan semangat ‘Katalog Elektronik, Belanja Cepat Cara Tepat,’ inovasi ini diharapkan akan terus mendorong efisiensi dan efektivitas, dalam pengadaan barang dan jasa di Kota Pagaralam,” harapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

katalog pemkot jasa barang pagar alam