Inilah Manfaat Berkumpul Bersama Keluarga Saat Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

22 April 2023 07:00 22 Apr 2023 07:00

Thumbnail Inilah Manfaat Berkumpul Bersama Keluarga Saat Lebaran Watermark Ketik
Ilustrasi berkumpul bersama keluarga. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Momen libur Idul Fitri kerap dimanfaatkan banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Selain berguna untuk saling mendekatkan diri dan menjalin silaturahmi, ternyata berkumpul bersama keluarga juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menghabiskan waktu bersama keluarga juga terbukti mengurangi stres dan juga kecemasan serta meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan hidup.

Berikut lima manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga.

1. Baik untuk kesehatan mental

Menghabiskan waktu bersama keluarga terbukti dapat mengurangi stres dan baik untuk kesehatan mental. Berada di tengah-tengah orang yang dicintai secara nyata bukan virtual menciptakan dukungan emosional yang kuat untuk melalui tantangan hidup.

2. Membantu meningkatkan kemampuan akademik

Secara umum anak-anak yang rutin menghabiskan waktu bersama keluarga cenderung memiliki kemampuan akademik yang baik. Hal ini karena anak-anak yang berkumpul bersama keluarga mereka akan belajar banyak keterampilan untuk berkomunikasi dan pentingnya pendidikan.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga cenderung memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini karena mereka dapat membangun rasa percaya diri mereka, serta mengajarkan keterampilan khusus seperti pemecahan masalah, komunikasi dan mencintai diri sendiri tanpa merendahkan orang lain.

4. Membantu mengambil keputusan ketika konflik

Kadang kala dalam kehidupan keluarga hubungan kita tidak selalu baik baik saja. Terkadang ada konflik yang muncul dan membutuhkan keputusan segera. Sebagai anggota keluarga tentu saja kita harus bekerja sama untuk sama sama memikirkan jalan keluar.

Menghabiskan waktu bersama keluarga mengajarkan keterampilan komunikasi interpersonal termasuk cara yang sehat dan konstruktif untuk berdiskusi, berdebat, dan memecahkan masalah.

5. Mencegah pengaruh buruk dari luar

Salah satu manfaat adanya kebersamaan keluarga ini bisa membentengi setiap anggotanya dari hal negatif yang ada di luar rumah. Misalnya, anak-anak terlibat kenakalan remaja, atau orang tua mengalami stres di tempat kerja. Hubungan yang baik dengan keluarga dapat membantu mengatasi semua hal itu.(*)

Tombol Google News

Tags:

keluarga Idul Fitri Berkumpul kesehatan mental stress Anak anak lebaran